detikNews
2019/10/21 18:58:45 WIB

Analisis Gestur Soal Prabowo yang 'Mengabaikan' Grace Natalie

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Analisis Gestur Soal Prabowo yang Mengabaikan Grace Natalie Foto: Grace Natalie saat menghadiri pelantikan Presiden (Grandyos Zafna)
Jakarta - Di media sosial ramai beredar potongan video Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang seperti 'mengabaikan' Ketua Umum PSI Grace Natalie yang mau bersalaman. Apa kata pakar gestur soal ini?

"Bila dilihat dari sisi Grace Natalie saja, maka terlihat bahwa Grace lah yang belum menunjukkan gestur dan ekspresi wajah 'ingin berjabat tangan'. Hal ini bisa terlihat dari posisi tangan kiri yang ada di belakang, tangan kanan ada di kursi. Serta ekspresi wajah yang hanya saling pandang dan memberikan senyum social saja," kata Pakar Gestur, Handoko Gani, Senin (21/10/2019).


Handoko lantas memaparkan soal tiga kemungkinan penyebab Grace dan Prabowo tak bersalaman. Pertama, menurutnya, kemungkinan saat itu gestur Grace adalah respon Prabowo.

Analisis Gestur Soal Prabowo yang 'Mengabaikan' Grace NatalieFoto: detik-detik ketika Grace Natalie tak bersalaman dengan Prabowo (dok. istimewa)


"Pertama, gestur dan ekspresi Grace Natalie tersebut adalah menunggu reaksi atas gestur dan ekspresi Pak Prabowo. Kita tidak tahu apakah gestur dan ekspresi wajah tersebut di gambar 1 adalah karena ekspresi atau gestur Pak Prabowo. Karena, video tidak menunjukkan hal itu. Kita tidak bisa menduga. Apalagi, menyimpulkan," tuturnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com