detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 18:53 WIB

Fahri Hamzah Sarankan Jokowi-Prabowo Sosialisasikan Kabinet Rekonsiliasi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Fahri Hamzah Sarankan Jokowi-Prabowo Sosialisasikan Kabinet Rekonsiliasi Fahri Hamzah (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR 2014-2019 Fahri Hamzah menanggapi keputusan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menerima permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi menteri. Fahri Hamzah meminta Jokowi dan Prabowo mensosialisasi keputusan ini kepada rakyat.

"Sebenarnya ada persoalan yang kurang disosialisasikan oleh kebijakan penyusunan kabinet dan sebetulnya sebaiknya ini dikomunikasikan baik oleh Pak Prabowo maupun oleh Pak Jokowi bahwa maksud dari pembentukan kabinet koalisi yang disatukan ini adalah terciptanya rekonsiliasi," kata Fahri Hamzah kepada wartawan, Senin (21/10/2019).


Fahri mengaku sudah mendengar ide rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo ini sebelum mengakhiri tugasnya di DPR. Sinyal itu muncul dari revisi UU MD3 yang menyatakan pimpinan MPR 2019-2024 berjumlah 10 orang.

"Saya sudah mendengar ide ini sejak awal ketika presiden menyetujui lahirnya UU MD3 yang baru yang mengakomodir seluruh parpol dan DPD dalam wakil ketua MPR, pimpinan MPR tepatnya sebagai Majelis Permusyawaratan Rakyat sebab MPR sebenarnya lebih mencerminkan politik kenegaraan bukan politik pemerintahan," ucap Fahri.

"Itulah beda DPR DPD dan MPR. DPR dan DPD disebut Dewan itu mencerminkan politik pemerintahan yang lebih dinamis dan rutin sedangkan MPR Majelis yang mencerminkan politik kenegaraan," katanya.


Fahri mengaku memimpin rapat soal revisi UU MD3 itu. Fahri paham ada keinginan untuk rekonsiliasi, tetapi menurutnya ide ini kurang tersosialisasikan sehingga menimbulkan kehebohan.

"Tetapi belakangan ini saya merasa ide rekonsiliasi ini jarang dikomunikasikan baik pihak Pak Prabowo maupun pihak Pak Jokowi. Jadi alangkah baiknya apabila maksud baiknya adalah untuk rekonsiliasi ini harus disampaikan agar masyarakat memahami bahwa kabinet persatuan ini adalah kabinet rekonsiliasi," ucap Fahri Hamzah.


Simak juga video "Reaksi Netizen soal Prabowo Masuk Kabinet Jokowi" :

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com