detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 18:13 WIB

Puan: Akan Ada Penyesuaian Komisi di DPR Jika Nomenklatur Kementerian Berubah

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Puan: Akan Ada Penyesuaian Komisi di DPR Jika Nomenklatur Kementerian Berubah Foto: Ketua DPR Puan Maharani. (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - Pimpinan DPR bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini dan membahas perubahan nomenklatur kabinet yang baru. Ketua DPR Puan Maharani menyebut akan ada penyesuaian komisi-komisi di DPR jika ada nomenklatur baru di kabinet.

"Nantinya tentu saja akan ada perubahan komisi kalau memang sesuai dengan nomenklatur yang akan disebutkan oleh Presiden. Dan tentu saja efek dari perubahan tersebut nanti akan ada reorganisasi dan relokasi anggaran yang akan dibahas di komisi-komisi," kata Puan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/10/2019).


Puan mengatakan komisi-komisi di DPR berjumlah 11. Adanya perubahan nomenklatur ini, kata Puan, tidak akan mengubah jadwal rapat paripurna DPR yang akan digelar besok dengan agenda penetapan alat kelengkapan dewan (AKD).

"Paripurna besok tetap saja. Karena memang ini sebetulnya kalau memang betul Presiden menyampaikan akan ada perubahan nomenklatur yang dikonsultasikan kepada pimpinan DPR, ya rapat paripurna besok yang terkait sudah menjadi agenda penetapan AKD dan lain-lain itu akan tetap dilakukan," ujar Puan.

"Kalau memang pun itu akan menjadi tambahan dalam rapat, agenda rapat paripurna ya itu akan menjadi tambahan," lanjut dia.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi mengundang pimpinan DPR ke Istana untuk membahas perubahan nomenklatur kabinet yang baru. Pimpinan DPR yang hadir bertemu dengan Jokowi adalah sang Ketua, Puan Maharani, serta 4 Wakil Ketua DPR, yaitu Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, Azis Syamsuddin, dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan perubahan nomenklatur Kabinet Jokowi masih sesuai dengan jalur. Ada dua yang mengalami perubahan nomenklatur, tapi belum diketahui apa saja yang berubah.

"Masih on the track. (Yang berubah) katanya 2," jelas Dasco.
(azr/idh)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com