detikNews
2019/10/21 18:10:51 WIB

Jefri Nichol Dituntut 10 Bulan Pidana Terkait Kasus Ganja

Yulida Medistiara - detikNews
Halaman 1 dari 1
Jefri Nichol Dituntut 10 Bulan Pidana Terkait Kasus Ganja Jefri Nichol menjalani sidang tuntutan. (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Aktor Jefri Nichol dituntut pidana 10 bulan. Ia dituntut terkait kasus penyalahgunaan narkotika jenis ganja.

"Menyatakan terdakwa Jefri Nichol bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak dan melawan hukum menggunakan narkotika golongan I bagi diri sendiri sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 127 ayat 1 huruf a UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," kata JPU Jefri Nichol, Jefri Hardi, di PN Jakarta Selatan, Senin (21/10/2019).

Jaksa dalam pertimbangannya menyebut Jefri Nichol tidak terbukti terlibat dalam jaringan peredaran gelap narkotika. Jefri Nichol dituntut 10 bulan pidana penjara dengan ketentuan tidak harus menjalani pidananya, melainkan direhabilitasi.


"Dua, menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Jefri Nichol selama 10 bulan dikurangi selama terdakwa ditangkap dan penahanan sementara yang telah dijalani terdakwa dengan ketentuan terdakwa tidak perlu menjalani pidana yang dijatuhkan namun terdakwa menjalani rehabilitasi di RSKO Jakarta di Cibubur, Jakarta Timur, yang diperhitungkan sebagai sisa masa menjalani pidana serta dikurangi masa rehabilitasi sementara yang telah dijalani terdakwa," kata Jefri Hardi.

Jaksa juga memerintahkan barang bukti berupa 1 buah amplop warna putih berisi narkotika jenis ganja dengan berat neto 1,2425 gram dengan sisa hasil lab berat neto 1,1609 gram dirampas untuk dimusnahkan.


Jaksa menyebut hal yang memberatkan perbuatan terdakwa tidak mengindahkan program pemerintah dalam memberantas narkoba. Sementara hal yang meringankan adalah terdakwa mengakui terus terang perbuatannya, terdakwa bersikap sopan di depan persidangan, terdakwa belum pernah dihukum, terdakwa sedang menjalani rehabilitasi ketergantungan obat di RSKO Cibubur.

Sebelumnya, Jefri Nichol didakwa memiliki ganja seberat 6,01 gram (bruto). Namun, setelah diperiksa, hasil Laboratorium Kriminalistik dan Badan Reserse Kriminal Polri Pusat Laboratorium Forensik No LAB:3170/NNF/2019 pada 2 Agustus 2019 menyimpulkan satu buah amplop warna putih berisikan daun-daun kering dengan berat neto 1,2425 gram.

Dalam dakwaan, terungkap bahwa Jefri memakai ganja sebelum tidur karena mengeluh sulit tidur kepada temannya. Jaksa memaparkan terdakwa Jefri Nichol bertemu dengan temannya di restoran cepat saji di Kemang pada 5 Juli 2019. Kepada temannya, Jefri mengaku mengalami kesulitan tidur dalam beberapa hari terakhir.

Mendengar cerita tersebut, terdakwa ditawari salah satu temannya, Triawan (DPO), untuk menggunakan narkotika jenis ganja secara gratis agar terdakwa bisa tidur.
(yld/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com