detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 18:12 WIB

Kembali Diselimuti Kabut Asap, Udara di Palembang Tidak Sehat

Raja Adil Siregar - detikNews
Kembali Diselimuti Kabut Asap, Udara di Palembang Tidak Sehat Foto: Kondisi udara Palembang Senin (21/10) sore (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan sore ini terlihat kembali menyelimuti Kota Palembang, Sumatera Selatan. Bahkan asap mulai pekat sejak pukul 17.00 WIB.

Pantauan detikcom, Senin (21/10/2019), kabut asap pekat menyelimuti beberapa titik Kota Pempek. Bahkan, udara terasa cukup gerah dan juga tercium bau bekas pembakaran.


Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan. Tercatat hotspot atau titik panas mencapai 276 titik 20 Oktober kemarin.

"Hotspot terbanyak ada di daerah Ogan Komering Ilir sebanyak 269. Selebihnya ada di Banyuasin 4 titik, OKU Timur 2 titik dan Musi Banyuasin 1 titik," ucap Kabid Pengendalian Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori.


Berdasarkan catatan itu arah mata angin dari daerah Ogan Komerng Ilir menuju ke Palembang. Hal ini diprediksi akan dapat menyebabkan kabut asap seperti yang terjadi sore ini.

Sementara berdasarkan data yang dirilis Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Sumatera Selatan tercatat udara sore ini berstatus 'Tidak Sehat' dimana nilai ISPU tercatat berada di angka 147.


"Laporan ISPU 21 Oktober nilainya 147, Tidak Sehat," tegas Kepala Dinas DLHP, Edward Candra.

Melihat kondisi Palembang diselimuti kabut asap, beberapa pengendara menggunakan masker. Bahkan mereka menggunakan masker sejak beberapa bulan terakhir karena kabut asap.


Simak juga video "Waspada! Kualitas Udara di Palembang Malam Ini Sangat Tidak Sehat" :

[Gambas:Video 20detik]


(ras/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com