detikNews
2019/10/21 17:58:17 WIB

Kritik Jokowi, Dema UIN: Kami Tak Pakai Baju Putih, Datang Bukan untuk Jabatan

Rolando - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kritik Jokowi, Dema UIN: Kami Tak Pakai Baju Putih, Datang Bukan untuk Jabatan Demo Mahasiswa di Patung Kuda (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar unjuk rasa sehari usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilantik. Mahasiswa menyinggung agenda Jokowi yang pada hari ini bertemu dengan para calon menteri.

"Kepada para penguasa-penguasa di ujung jalan sana, Pak Jokowi, pesan yang harus kami sampaikan pertama kami tidak datang menggunakan kemeja putih. Kami tidak datang untuk embel-embel jabatan, tapi kami datang membawa satu nilai yang pada periode lalu Pak Jokowi gagal mengurusinya," kata Ketua Dewan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, Sultan Rifandi, saat berorasi, di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (21/10/2019).

"Itu mengapa kemudian saat hari pertama Pak Jokowi bekerja mahasiswa sudah kembali turun ke jalan untuk mengkritiknya," imbuhnya.



Sultan lalu menyindir sejumlah spanduk relawan Jokowi yang berada di sekitar Patung Kuda. Dia menanyakan posisi keberpihakan Jokowi.

"Kedua, pesan-pesan spanduk yang tempel oleh Projo, Projo, rakyat dimusuhi, saya katakan bahwa Presiden Projo atau Presiden rakyat? Bapak ini presiden pendukungnya saja atau Presiden seluruh rakyat Indonesia?" ujar Sultan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com