detikNews
Senin 21 Oktober 2019, 17:42 WIB

Airlangga Hartarto Diminta Kembali Jadi Menteri, Ini Profilnya

Virgina Maulita Putri - detikNews
Airlangga Hartarto Diminta Kembali Jadi Menteri, Ini Profilnya Airlangga Hartarto Diminta Kembali Jadi Menteri, Ini Profilnya Foto: Airlangga Hartarto (Antara Foto)
Jakarta - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto turut hadir di Istana Negara siang ini, Senin (21/10/2019) untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo terkait pembahasan calon menteri.

Airlangga pun membocorkan sekelumit pembicaraannya dengan Jokowi. Ia mengaku menjadi calon menteri yang akan mengisi pos terkait bidang ekonomi.



Airlangga sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perindustrian di Kabinet Kerja yang terpilih lewat reshuffle kabinet pada tahun 2016. Berikut profil dan biodata Airlangga Hartarto yang dirangkum detikcom:

1.Putra Mantan Menteri Era Soeharto

Airlangga Hartarto lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 1 Oktober 1962. Ia merupakan putra dari pasangan Hartarto Sastrosoenarto dan Hartini Hartarto.

Ayahnya dulu merupakan mantan Menteri Perindustrian di era Soeharto (1983-1993). Selain Menperin, ayah Airlangga juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Produksi dan Distribusi Indonesia (1993-1998).

2. Seorang Insinyur

Airlangga merupakan lulusan SMA Kolese Kanisius Jakarta. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Fakultas Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 1987.

Airlangga melanjutkan pendidikan pascasarjana di AMP Wharton School, University of Pennsylvania di AS. Setelahnya ia juga sempat kuliah di Australia tepatnya di Monash University dan Melbourne Business School, University of Melbourne.

3. Pebisnis

Sebelum berkiprah di dunia politik, Airlangga dikenal sebagai pebisnis yang pernah memimpin beberapa perusahaan. Ia pernah menjadi Presiden Komisaris PT Fajar Surya Wisesa Tbk (1987), Presiden Komisaris PT Ciptadana Sekuritas (1994), Presiden Direktur PT Bisma Narendra (1994) dan Komisaris PT Sorini Corporation Tbk (2004).



4. Karier Politik

Karier politik Airlangga dimulai ketika ia masuk ke DPR pada tahun 2004. Tiga periode telah ia lewati sebagai anggota DPR yaitu pada 2004-2009, 2009-2014 dan 2014-2019.

Pada periode 2009-2014, Airlangga bertugas menjadi Ketua Komisi VI DPR-RI yag membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi, UKM dan BUMN. Di 2014-2019, Airlangga bertugas di Komisi VII yang membidangi energi sumber daya mineral, lingkungan hidup dan riset dan teknologi.

Di Golkar, Airlangga pernah menjadi Wakil Bendahara hingga Ketua DPP. Pada tahun 2017, ia terpilih menjadi Ketua Umum Golkar.

5. Diminta Kembali Jadi Menteri

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto turut hadir di Istana Negara siang ini, Senin (21/10/2019) untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo terkait pembahasan calon menteri.

Airlangga pun membocorkan sekelumit pembicaraannya dengan Jokowi. Ia mengaku menjadi calon menteri yang akan mengisi pos terkait bidang ekonomi.

"Tantangan tentu kita mengisi kondisi terkait dengan defisit neraca perdagangan kemudian pengembangan kawasan-kawasan ekonomi yang tentunya diharapkan kawasan ini bisa mengisi beberapa industri unggulan," kata Airlangga di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).


Simak juga video "Disebut jadi Menko Perekonomian, Airlangga: Tunggu Rabu Besok" :

[Gambas:Video 20detik]


(vmp/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com