detikNews
2019/10/21 16:59:48 WIB

Rencanakan Gagalkan Pelantikan Presiden di Grup WA, 6 Orang Ditangkap Polisi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Rencanakan Gagalkan Pelantikan Presiden di Grup WA, 6 Orang Ditangkap Polisi Polisi merilis para tersangka perencana penggagalan pelantikan presiden. (Samsuduha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya menangkap 6 orang terkait upaya menggagalkan pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Upaya menggagalkan pelantikan presiden ini dibahas secara khusus oleh para tersangka dalam sebuah grup WhatsApp.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menjelaskan grup tersebut diinisiasi oleh tersangka Samsul Huda alias SH. Samsul Huda diketahui sempat berkomunikasi dengan eks dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) Abdul Basith.

"Ada beberapa komunikasi antara tersangka AB dan tersangka SH. Tersangka SH ini kaitannya adalah sama, untuk upaya menggagalkan pelantikan presiden," jelas Kombes Argo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/10/2019).

Grup WA bernama 'Fisabilillah' ini beranggotakan 123 orang dengan 5 orang admin di dalamnya. Di dalam grup ini, para tersangka membahas perencanaan penggagalan pelantikan presiden.

"Di grup itu membahas berkaitan dengan adanya kegiatan yang akan dilakukan upaya untuk menggagalkan pelantikan presiden dan wakil presiden. Dari keterangan WA grup ini berkembang untuk perencanaan, kita sudah melakukan penangkapan terhadap 6 orang yang kita amankan dan kita lakukan periksa," jelas Argo.

"Yang punya ide, yang punya grup WA ini adalah tersangka SH," kata Argo.




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com