detikNews
2019/10/21 16:16:09 WIB

Penjelasan Batik Air soal Penerbangan Yogya-Halim Dialihkan ke Soetta

Jabbar Ramdhani - detikNews
Halaman 1 dari 1
Penjelasan Batik Air soal Penerbangan Yogya-Halim Dialihkan ke Soetta Suasana dalam pesawat setelah mendarat di Soetta. (Dok. Abdul Aziz)
Jakarta - Batik Air memberi penjelasan soal penerbangan Batik Air ID-7540 yang mengalami pengalihan pendaratan. Pesawat registrasi PK-LBY ini sedianya terbang dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta menuju Bandara Halim Perdanakusuma, namun akhirnya mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan pengalihan pendaratan (divert) dilakukan karena terjadi kepadatan di Bandara Halim. Setelah pesawat berputar (holding) lebih dari satu jam, pilot memutuskan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta demi memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan. Penerbangan ini terjadi pada Minggu (20/10/2019) sore.

"Pesawat mendarat secara normal di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 18.55 WIB. Sesaat setelah mendarat dan posisi pesawat sudah sempurna di landas parkir, seluruh tamu diarahkan dan dibawa menuju ruang tunggu keberangkatan, guna mendapatkan informasi lebih lanjut," kata Danang lewat keterangan yang diterima, Senin (21/10).


Dia mengatakan hal tersebut telah diinformasikan awak kabin kepada semua penumpang. Danang mengatakan Batik Air berencana melanjutkan penerbangan ke Bandara Halim, namun harus dilakukan pengecekan kelaikan pesawat terlebih dahulu.

"Sesuai dengan prosedur setiap pesawat yang akan diterbangkan kembali adalah kewajiban pilot yang akan menerbangkannnya untuk melakukan pengecekan penggantian salah satu ban pesawat yang di luar jadwal penggantian dan membutuhkan pengerjaan kurang lebih 30 menit. Keputusan tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan selanjutnya.

Danang mengatakan pihak maskapai telah menawarkan kepada penumpang untuk melanjutkan penerbangan ke rute semula atau Halim. Namun penumpang memilih turun di Bandara Soekarno-Hatta.

"Batik Air juga menawarkan kepada seluruh tamu apakah akan turun (kedatangan) di Soekarno-Hatta atau ke Halim Perdanakusuma... para tamu memilih untuk melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta," ujarnya.

"Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LBY diterbangkan ke Halim Perdanakusuma pukul 20.45 WIB, tanpa membawa tamu," tambah Danang.
(jbr/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com