detikNews
2019/10/21 15:03:34 WIB

Sidang Korupsi Proyek e-KTP

Hakim Cecar Markus Nari: Anda Dapat BAP Tersangka e-KTP dari Siapa?

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hakim Cecar Markus Nari: Anda Dapat BAP Tersangka e-KTP dari Siapa? Terdakwa kasus korupsi proyek e-KTP Markus Nari (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mantan anggota DPR Markus Nari menepis pernah meminta tolong pada seorang pengacara bernama Anton Taufik mengatur permasalahan hukum di KPK. Bahkan, Markus disebut-sebut mencari-cari berita acara pemeriksaan atau biasa disingkat BAP para tersangka kasus korupsi proyek e-KTP.

Markus yang duduk di kursi terdakwa mulanya mengaku kenal dengan Anton sebagai pengacara yang sering berurusan dengan anggota DPR lain. Suatu ketika Markus yang masih sebagai wakil rakyat mendapatkan surat panggilan dari KPK berkaitan dengan kasus tersebut.




"Saya panggil dia (Anton) ke ruangan, menyampaikan bahwa saya dipanggil di KPK untuk jadi saksi. Saya memperlihatkan surat panggilan itu," kata Markus saat menjalani pemeriksaan sebagai terdakwa dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).

Sebagai awam hukum, Markus mengaku berkonsultasi dengan Anton hanya sebatas hal-hal umum soal panggilan KPK. Namun majelis hakim berupaya mencari konfirmasi tentang hal lain yang langsung dibantah Markus.

Hakim Cecar Markus Nari: Anda Dapat BAP Tersangka e-KTP dari Siapa?Markus Nari (Foto: Ari Saputra/detikcom)


"Saudara minta tolong ke Anton Taufik supaya menemui yang sama-sama dengan Irman dan Sugiharto supaya Sugiharto tidak menyebut nama saudara dalam sidang e-KTP?" tanya hakim.

"Tidak pernah," jawab Markus langsung.

Irman dan Sugiharto merupakan 2 tersangka awal dalam pusaran kasus ini dari unsur Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Keduanya sudah dinyatakan secara sah bersalah dalam kasus korupsi proyek e-KTP.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com