detikNews
2019/10/21 14:55:48 WIB

Massa BEM SI yang Akan Demo di Depan Istana Tertahan di Patung Kuda

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Halaman 1 dari 2
Massa BEM SI yang Akan Demo di Depan Istana Tertahan di Patung Kuda Massa berdemo di Jalan Medan Merdeka Selatan. (Rolando/detikcom)
Jakarta - Sejumlah mahasiswa dari berbagai universitas yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan berunjuk rasa di depan Istana Merdeka. Namun massa tertahan di Patung Kuda lantaran akses ke depan istana ditutup.

Pantauan detikcom, Selasa (21/10/3019) pukul 14.00 WIB, massa berkumpul di Patung Kuda. Mahasiswa membuat barisan memenuhi ruas jalan.

Namun massa tidak dapat melakukan long march ke depan istana lantaran Jalan Medan Merdeka Barat ditutup di kedua arah. Massa pun kemudian berjalan ke arah Jalan Medan Merdeka Selatan.

Sesampai di Jalan Medan Merdeka Selatan, massa putar balik di depan Balai Kota. Mereka kembali berjalan menuju Patung Kuda.

Hingga pukul 14.43 WIB, massa masih berjalan ke arah Patung Kuda. Massa memenuhi ruas jalan.

"Untuk warga Jakarta, kami memohon maaf bikin jalan macet. Jangan sampai Indonesia yang macet," ujar salah seorang orator di mobil komando.

Mahasiswa sambil long march sambil menyanyikan lagu 'Darah Juang' dan 'Mars Mahasiswa'. Mereka mengusung tagline #KawalDariAwal dalam aksi ini.

Sejumlah polisi mengawal aksi long march massa. Personel kepolisian mengawal di kanan, kiri, belakang, dan depan barisan mahasiswa.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com