detikNews
2019/10/21 08:27:55 WIB

Bicara Isu Wakil Menteri, PAN Singgung Niat Jokowi Pangkas Eselon

Haris Fadhil - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bicara Isu Wakil Menteri, PAN Singgung Niat Jokowi Pangkas Eselon Saleh P Daulay (Foto: Tsarina/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya rencana memangkas eselon hanya menjadi dua level. Keinginan Jokowi itu kemudian dikaitkan PAN dengan beredarnya isu jabatan wakil menteri di kabinet Jokowi mendatang.

Wasekjen PAN Saleh P Daulay mengatakan dirinya mendengar isu keberadaan sejumlah wakil menteri yang bakal mengisi kabinet periode kedua Jokowi. Menurut Saleh, jabatan wakil menteri justru bertentangan dengan semangat menyederhanakan birokrasi lewat pemangkasan eselon.

"Saya dengar informasi, kabinet yang sekarang akan diisi oleh sejumlah wakil menteri. Kalau itu betul, tentu agak sedikit berbeda dengan semangat pemotongan eselon yang disampaikan Jokowi dalam pidato pelantikan," kata Saleh, Minggu (20/10/2019) malam.



Saleh menilai keberadaan wakil menteri malah bakal membuka rantai baru birokrasi. Padahal, Jokowi ingin memangkas eselon menjadi dua level agar birokrasi lebih sederhana.

"Pemotongan eselonisasi pada birokrasi pemerintah dinilai akan sedikit kontradiktif jika presiden justru mengangkat sejumlah orang wakil menteri. Sebab, dengan mengangkat wakil-wakil menteri itu justru membuka rantai baru birokrasi yang tidak efisien. Mestinya, semakin sedikit eselon, tidak dibutuhkan lagi wakil menteri," ujarnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com