detikNews
2019/10/21 07:21:49 WIB

Walhi Kritik Jokowi Tak Angkat Isu Lingkungan di Pidato Perdana

Eva Safitri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Walhi Kritik Jokowi Tak Angkat Isu Lingkungan di Pidato Perdana Foto: Presiden Jokowi berpidato di momen pelantikannya. (Dok Istimewa)
Jakarta - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak mengangkat isu lingkungan hidup dalam pidato perdananya usai dilantik sebagai presiden 2019-2024. Padahal menurut Walhi, sumber daya manusia Indonesia dihadapkan dengan kualitas lingkungan hidup yang memburuk.

"Tentu disayangkan isu lingkungan hidup sebagai tantangan ke depan tidak disampaikan dalam pidato pelantikan. Karena sumber daya manusia yang digadang-gadang akan menjadi tulang punggung Indonesia ke depan, justru dihadapkan pada kualitas lingkungan hidup yang memburuk," ujar Koordinator Desk Politik Walhi Khalisah Khalid kepada wartawan, Minggu (20/10/2019) malam.


Dia menganggap menilai lupa ada kaitan antara kualitas lingkungan hidup dengan SDM. Menurutnya, SDM yang baik salah satunya ditentukan oleh kualitas lingkungan hidup.

"Mungkin Pak Jokowi lupa, bahwa SDM yang baik bukan hanya ditentukan oleh ekosistem politik dan ekosistem ekonomi yang kondusif. Namun SDM yang tangguh ditentukan oleh ekosistem yang baik," ujarnya.

Khalisah juga menyinggung soal bonus demografi yang disebut-sebut bakal terjadi di tahun 2045. Dia menilai pemerintah di masa itu malah bakal kesulitan memanfaatkan bonus demografi jika kondisi lingkungan tak menjadi perhatian sejak saat ini.

"Bonus demografi yang diharapkan pada akhirnya sulit tercapai dengan kualitas lingkungan hidup yang memburuk dan tidak adanya agenda pemu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com