detikNews
2019/10/21 07:00:09 WIB

Analisis Gestur: Prabowo Legowo di Pelantikan Jokowi, Sandi Tampak Kecewa

Haris Fadhil - detikNews
Halaman 1 dari 2
Analisis Gestur: Prabowo Legowo di Pelantikan Jokowi, Sandi Tampak Kecewa Prabowo saat mengucapkan selamat ke Jokowi (Foto: Rifkianto Nugroho-detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Gerindra yang juga Capres di Pilpres 2019, Prabowo Subianto beserta pasangannya di Pilpres, Sandiaga Uno, datang ke pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Keduanya dinilai menampilkan gestur berbeda saat hadir di pelantikan tersebut.

Pakar gestur dari Paul Ekman International Indonesia, Monica Kumalasari, punya analisis tersendiri terhadap gestur keduanya. Monica mengawali analisisnya dengan melihat ekspresi dan gerakan-gerakan Prabowo saat acara pelantikan Jokowi-Ma'ruf dan membandingkannya dengan gestur Prabowo saat 2014.



"Kalau kita lihat dulu dari Pak Prabowo. Beda dari 2014, diisukan bakal ada demo sampai seminggu sebelum pelantikan Pak Jokowi datang ke Hambalang. Nah, bedanya sekarang justru Pak Prabowo yang datang ke Pak Jokowi. Ketika saya melihat gesturnya tadi, terutama di facial expression-nya memang nggak ada beban juga Pak Prabowo sekarang," ujar Monica, Minggu (20/10/2019) malam.

Sandiaga saat ucapkan selamat ke JokowiSandiaga saat ucapkan selamat ke Jokowi (Foto: Rifkianto Nugroho-detikcom)


Dia menilai Prabowo terlihat secara ksatria mengakui tak ada masalah lagi soal Jokowi-Ma'ruf yang dilantik sebagai Presiden-Wapres. Namun, gestur yang berbeda disebutnya tampak dari Sandiaga.

"Sandiaga Uno beliau dari zaman debat presiden cium tangan ke yang lebih tua, soal sopan santun Sandiaga sangat bagus. Hanya, yang saya perhatikan adalah di ekspresi wajahnya ketika mendengar pidato Pak Jokowi matanya memang memancarkan senyum, tetapi bibirnya tidak," ucapnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +