detikNews
Minggu 20 Oktober 2019, 20:22 WIB

Saat Puluhan Warga Manokwari ke Jakarta demi Rayakan Pelantikan Jokowi

Mei Amelia R - detikNews
Saat Puluhan Warga Manokwari ke Jakarta demi Rayakan Pelantikan Jokowi Foto: Warga Manokwari yang ke Pelantikan Jokowi (Dok. Istimewa)
Jakarta - Puluhan warga Manokwari 'menyerbu' Jakarta. Mereka datang ke Jakarta untuk ikut serta memeriahkan pelantikan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Puluhan warga Manokwari tiba di Jakarta pagi tadi dengan menggunakan Kapal KM Gunung Dempo yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok. Kapal tersebut mengangkut 483 penumpang dari Papua.


Kedatangan mereka diketahui oleh polisi yang melakukan pemeriksaan di Pelabuhan Tanjung Priok. Polisi sempat memeriksa dan menanyakan tujuan para penumpang ke Jakarta.

"Dari 483 penumpang dari Papua ini di antaranya ada 20 penumpang asal Manokwari adalah pendukung yang ingin ikut serta hadir merayakan pelantikan presiden dan wakil presiden," jelas Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold Hutagalung dalam keterangannya, Minggu (20/10/2018).

Para pendukung tersebut membawa sebuah spanduk bertuliskan 'Tim Sukses Selamat dan Sukses Atas Pelantikan Terhormat Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Ma'ruf Amin', dan ada juga spanduk 'Doa Jokowi Menang (DJM) 1 Kali Lagi Kabupaten Manokwari, Papua Barat'.


Para pendukung Jokowi-Amin itu datang membawa hasil kerajinan tangan tradisional, di antaranya noken. Mereka bersukacita menyambut pelantikan Jokowi-Amin sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

"Tadi rencananya mereka hendak ke Monas karena ada cara di sana," imbuhnya.

Sementara itu, Reynold mengatakan, pemeriksaan di Pelabuhan Tanjung Priok dilakukan sebagai antisipasi mobilisasi massa yang hendak unjuk rasa berkaitan dengan adanya pelantikan presiden. Polisi memeriksa para penumpang hingga barang bawaannya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.


Polres Pelabuhan Tanjung Priok mengerahkan 380 personel untuk menjaga Pelabuhan Tanjung Priok dan beberapa objek vital. Dalam apel pasukan di hari H pelantikan, Reynold mengimbau kepada anggotanya untuk melaksanakan tugas dengan baik.

"Mengutip pesan bijak seorang pemimpin besar 'tidak perlu menjadi orang besar, cukup laksanakan tugas negara hari ini dengan baik, sekecil apapun peran dan tugas kita sudah menjadi catatan sejarah, mewarnai perjalanan karier yang akan kita ceritakan dengan bangga kepada anak cucu kita", tetap semangat dalam melaksanakan tugas pengamanan," tandas Reynold.


Pelantikan Usai, Jokowi: Sekarang Mulai Kerja!

[Gambas:Video 20detik]


(mei/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com