detikNews
2019/10/20 20:05:59 WIB

Ini Sebaran Titik Api di Gunung Rinjani

Harianto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ini Sebaran Titik Api di Gunung Rinjani Titik api di Resor Sembalun, Gunung Rinjani. (Foto: dok. Balai TNGR)
Mataram - Pascakebakaran hutan, semua jalur pendakian Gunung Rinjani ditutup. Pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) telah memantau sebaran titik api tersebut.

Plh Kepala Balai TNGR Dwi Pengestu menjelaskan kebakaran diketahui pada Sabtu (19/10) di sekitar Resor Senaru, Anyar, dan Santong. Pihak Balai TNGR kemudian mengirimkan tiga tim ke lokasi.



Dari pantauan Tim Senaru, wilayah yang terbakar adalah jalur pendakian Senaru yang mengarah ke barat hingga wilayah Resor Anyar dan Santong sepanjang Lendang Penyeranan. Titik api sudah mengarah ke bawah mencapai tegakan hutan atau setara Pos 2 untuk wilayah Anyar.

"Perlu kami sampaikan juga bahwa pengunjung yang naik hari ini sudah turun kembali," ujar Dwi.

Esok harinya, sekitar pukul 07.00 Wita, tim memantau lokasi kebakaran dan terlihat savana di sekitar Pos 3 jalur pendakian habis terbakar. Sisa-sisa api masih terlihat di tajuk pohon. Namun api masih terlihat membakar savana di sekitar Sampurarung Resor Anyar.

Pada pukul 10.00 Wita, petugas Resor Sembalun mendapat informasi bahwa titik api berada di sekitar Pelawangan, Sembalun, dan mengarah ke camp area. Pihak Balai TNGR menduga kebakaran disebabkan oleh api di hutan Danau Segara Anak wilayah Resor Senaru yang sedang terbakar.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com