detikNews
Minggu 20 Oktober 2019, 16:31 WIB

Cerita Jokowi soal Laporan Program Terlaksana tapi Tak Dirasakan Rakyat

Tsarina Maharani - detikNews
Cerita Jokowi soal Laporan Program Terlaksana tapi Tak Dirasakan Rakyat Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Dalam pidatonya sebagai Presiden RI 2019-2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal birokrasi. Jokowi bercerita tentang laporan program yang disebut sudah terlaksana tapi tak sesuai kenyataan.

"Sering kali birokrasi melaporkan bahwa program sudah dijalankan, anggaran telah dibelanjakan, dan laporan akuntabilitas telah selesai," kata Jokowi usai dilantik di gedung MPR/DPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

"Kalau ditanya, jawabnya, 'Program sudah terlaksana, Pak.' Tetapi, setelah dicek di lapangan, setelah saya tanya ke rakyat, ternyata masyarakat belum menerima manfaat. Ternyata rakyat belum merasakan hasilnya," imbuh Jokowi.


Jokowi menekankan hasil merupakan hal terpenting dalam pelaksanaan program. Jokowi ingin kebiasaan dalam dunia birokrasi diubah.

"Sekali lagi, yang utama itu bukan prosesnya, yang utama itu hasilnya. Cara mengeceknya itu mudah. Lihat saja ketika kita mengirim pesan melalui SMS atau WA. Ada 'sent', artinya 'telah terkirim'. Ada 'delivered', artinya 'telah diterima'. Tugas kita itu menjamin 'delivered', bukan hanya menjamin 'sent'," sebut Jokowi.


Jokowi akan memaksa birokrat mengubah cara kerja mereka agar dirasakan masyarakat. Jokowi menegaskan birokrat harus bisa menyampaikan program yang langsung berasa bagi rakyat.

"Saya tidak mau birokrasi pekerjaannya hanya sending-sending saja. Saya minta dan akan saya paksa bahwa tugas birokrasi adalah making delivered. Tugas birokrasi itu menjamin agar manfaat program dirasakan oleh masyarakat," kata Jokowi.


Simak Video "Sah! Jokowi dan Ma'ruf Amin Resmi Jadi Presiden dan Wapres"

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com