detikNews
2019/10/20 15:56:57 WIB

Istana Pastikan Jokowi Ubah Nomenklatur Kementerian di Periode Kedua

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Istana Pastikan Jokowi Ubah Nomenklatur Kementerian di Periode Kedua Ali Mochtar Ngabalin di RSPAD Gatot Soebroto (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta - Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengarkan semua masukan dan usulan terkait nomenklatur kabinet. Ngabalin menyebut akan ada perubahan nomenklatur kabinet sesuai masukan yang diterima Jokowi.

"Yang baik itu adalah nomenklatur yang diubah oleh Bapak Presiden itu memenuhi sejumlah masukan dan usulan yang disampaikan kepada Bapak Presiden. Karena itu, ada beberapa nomenklatur yang diubah oleh Bapak Presiden," kata Ngabalin di gedung Nusantara, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Menurut Ngabalin, kabinet periode kedua Jokowi memenuhi unsur profesional maupun milenial. Karena itulah ia menyebut kabinet Jokowi akan lebih lengkap dan sempurna.

"Saya percaya bahwa kabinet hari ini memenuhi semua unsur geopolitik dan termasuk di antaranya adalah kalangan kampus, profesional, milenial. Yang saya mau bilang bahwa karena periode kedua ini Bapak Presiden punya pengalaman selama lima tahun terdahulu, sehingga seperti beberapa kali statement saya bahwa periode ini akan periode yang lebih sempurna, komplet, dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan," ungkapnya.

Ngabalin tak menyebutkan nomenklatur kementerian apa saja yang berubah. Ia menyebut Jokowi akan mengumumkan nomenklatur itu malam ini.

"Ada beberapa nomenklatur kan, nomenklatur seperti nomenklatur yang ada lembaga dan badan. Mudah-mudahan lepas Magrib kita bisa dengar beberapa nomenklatur yang sudah Bapak Presiden susun," sebutnya.



Ngabalin mengatakan akan tetap ada pos menteri yang diisi kader partai politik pendukung. Namun, menurutnya, Jokowi tetap mengharapkan sosok yang memiliki keberanian serta kredibilitas untuk mengisi pos-pos menteri.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com