detikNews
Minggu 20 Oktober 2019, 15:31 WIB

Molor 1 Jam, Sidang Paripurna Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Dimulai

Tim detikcom - detikNews
Molor 1 Jam, Sidang Paripurna Pelantikan Jokowi-Maruf Dimulai Pelantikan Jokowi (Foto: dok. Antara Foto)
Jakarta - Pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024 dimulai. Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik dalam sidang paripurna MPR RI.

Sidang paripurna MPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, dimulai pada pukul 15.30 WIB, Minggu (20/10/2019). Pembukaan ini molor 1 jam dari jadwal sebelumnya pukul 14.30 WIB.


Acara dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Setelah ini, keputusan KPU berisi penetapan Jokowi-Ma'ruf sebagai pemenang Pilpres 2019 akan dibacakan. Selanjutnya Jokowi dan Ma'ruf Amin akan membacakan sumpah mereka.

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf ini dihadiri oleh tokoh-tokoh dan pejabat negara. Tampak ada Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).



Rival Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019, yaitu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, juga hadir. Begitu pula dengan ketum-ketum partai politik.

Sementara itu, pemimpin negara sahabat yang hadir di antaranya Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, dan Raja Eswatini Raja Mswati III.


Simak juga video "Ada Apa di Istana Siang Ini?" :

[Gambas:Video 20detik]


(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com