Prediksi Sementara Susunan Kabinet Jokowi - Halaman 3

Prediksi Sementara Susunan Kabinet Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 20 Okt 2019 14:09 WIB
Jokowi saat memimipin sidang paripurna kabinet (M Iqbal/detikcom)
Jokowi saat memimipin sidang paripurna kabinet (M Iqbal/detikcom)

Prediksi Menteri di Bawah Menko PMK

Untuk kursi Menko PMK dipastikan ada nama baru karena Puan Maharani sudah duduk di kursi Ketua DPR RI. Kabar santer menteri berikutnya adalah Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Calon Menteri Agama yang kuat berdasarkan pilihan detikers ialah Said Aqil Siroj, Nasaruddin Umar, sampai Komaruddin Hidayat. Nama kedua isunya berpeluang cukup kuat menjadi Menag.

Sementara itu, untuk calon Mendikbud, nama incumbent Muhadjir Effendy masih jadi opsi karena baru tiga tahun menjabat. Namun ada isu santer Nadiem Makarim juga masuk di kantong presiden. Sedangkan Mendikbud pilihan detikers di luar incumbent adalah Komaruddin Hidayat, Haedar Nashir, sampai Abdul Munir Mulkan.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kabarnya akan dilebur ke dalam Kemendikbud, namun belum pasti diumumkan Jokowi. Posisi menteri pilihan detikers sendiri, selain incumbent, ada Ilham Habibie sampai Rhenald Kasali.

Calon Menteri Kesehatan masih berwujud kode, seorang dokter dari Universitas Indonesia. Sedangkan calon Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kabarnya akan diisi perwakilan dari Papua.

Lanjut ke calon Menpora, kursi ini santer 'diperebutkan' beberapa nama, salah satunya Agus Harimurti Yudhoyono. Calon Menpora pilihan detikers ada Erick Thohir, AHY, sampai Susy Susanti. Mensos kabarnya akan dipertahankan tetap menteri asal Golkar, yakni Agus Gumiwang Kartasasmita. Ada nama Yenny Wahid sampai Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) yang kabarnya akan mengisi salah satu kursi di bidang kemaritiman-PMK ini.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5