Prediksi Sementara Susunan Kabinet Jokowi

Prediksi Sementara Susunan Kabinet Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 20 Okt 2019 14:09 WIB
Jokowi saat memimipin sidang paripurna kabinet (M Iqbal/detikcom)
Jokowi saat memimipin sidang paripurna kabinet (M Iqbal/detikcom)
Jakarta - Dalam hitungan menit, Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2019-2024. Prediksi susunan kabinet yang dipimpin keduanya mengemuka. Simak prediksi sementara berikut ini.

Prediksi Menteri di Bawah Menko Polhukam

detikcom melalui program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' telah menjaring nama-nama calon menteri pilihan pembaca detikcom alias detikers. Di luar nama-nama calon menteri pilihan detikers, ada juga sejumlah nama menteri yang kemunculannya mengagetkan.

Untuk Menteri Koordinator Polhukam, ada beberapa nama yang menguat. Kandidat Menko Polhukam, ada nama Hadi Tjahjanto, yang saat ini menjabat Panglima TNI, meskipun nama Wiranto dan Moeldoko juga muncul membayangi. detikers sendiri menempatkan Mahfud Md sampai Moeldoko sebagai pilihan teratas.

Untuk posisi calon Mendagri yang cukup kuat adalah Olly Dondokambey, yang saat ini menjabat Bendahara Umum PDIP. Gubernur Sulut ini juga ada dalam daftar calon menteri pilihan detikers. Sementara untuk nama calon menteri luar negeri, kabarnya masih akan diisi menteri incumbent, Retno Marsudi.

Nah, untuk posisi Menteri Pertahanan, ada beberapa nama calon menteri yang muncul baik dari sipil maupun militer. Nama Panglima TNI Hadi Tjahjanto muncul menjadi kandidat terkuat pilihan detikers. Perlu dicatat, dalam dinamika terbaru ada nama Prabowo Subianto, yang meramaikan bursa kandidat Menhan. Sementara itu, untuk calon Menkum HAM, Mahfud Md dan Yusril Ihza Mahendra jadi dua kandidat terkuat pilihan detikers.

Kursi MenPAN-RB sampai saat ini masih abu-abu. detikers menempatkan Gubernur Jatim Tri Rismaharini dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai kandidat kuat. Untuk calon Menkominfo nama Wahyu Sakti Trenggono kabarnya jadi kandidat, namanya juga ada di daftar menteri pilihan detikers. Nah untuk Jaksa Agung, detikers punya pilihan yang sama kuat dengan isu yang berkembang, yakni Mahfud Md.

Selain itu, ada beberapa nama yang baru muncul dan cukup mengejutkan, seperti tokoh PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. Selain itu, nama Ketua TKN Erick Thohir juga sempat jadi kandidat Menhan meskipun diisukan sudah digeser ke posisi lain.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5