detikNews
2019/10/20 11:02:43 WIB

Momen Setengah Jam Pelantikan Presiden Soeharto

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Halaman 1 dari 3
Momen Setengah Jam Pelantikan Presiden Soeharto Ilustrasi: Soeharto (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Senyum khas Jenderal Soeharto mengembang saat melangkahkan kakinya dengan mantap masuk ke ruang pleno gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Langkahnya diikuti Ketua MPR KH Idham Chalid dari Partai Nahdlatul Ulama, lalu para ajudan presiden dan petugas protokol.

Para Wakil Ketua MPR terpaksa berjalan di bagian belakang rombongan karena banyaknya petugas pengiring. Di depan tempat duduknya, Soeharto berdiri kurang dari semenit, memberi kesempatan pada puluhan wartawan foto yang berebutan ingin mengabadikan peristiwa yang berlangsung pada, Jumat pagi, 23 Maret 1973 itu.



Kira-kira pukul 09.00 WIB lebih sedikit, KH Idham Chalid membuka sidang pleno setelah lagu kebangsaan Indonesia Raya diperdengarkan. Pidatonya singkat. Kiai asal Kalimantan Selatan itu menguraikan tentang acara utama pada pagi itu, yakni upacara pengambilan sumpah jabatan bagi presiden yang telah dipilih anggota MPR.

Beberapa belas jam sebelumnya, Kamis (22/3/1973) malam, Jenderal Soeharto ditetapkan oleh Sidang Umum MPR sebagai Presiden/Mandataris MPR secara aklamasi. Sidang yang dihadiri 770 anggota MPR dari 920 anggota itu berlangsung dengan singkat. Tak lebih dari 10 menit.



Harian Sinar Harapan menggambarkan banyak anggota MPR yang bahkan tidak sempat menyaksikan pengesahan Jenderal Soeharto sebagai presiden karena singkatnya waktu. "Sejumlah anggota MPR tampak tergopoh-gopoh naik tangga berjalan untuk mengikuti rapat paripurna. Tapi belum sempat sampai ruangan, rapat sudah selesai."

"Ada pula di antaranya yang baru saja duduk di kursinya lalu langsung ikut bertepuk tangan seperti anggota lainnya tanda setuju terpilihnya kembali Soeharto sebagai Presiden Republik Indonesia," seperti yang dikutip dari harian Sinar Harapan edisi 24 Maret 1973.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com