detikNews
Minggu 20 Oktober 2019, 09:12 WIB

Pelantikan Jokowi, Propam Pastikan Polisi di Makassar Tak Bawa Senpi

Hermawan Mappiwali - detikNews
Pelantikan Jokowi, Propam Pastikan Polisi di Makassar Tak Bawa Senpi Foto: Propam Polda Sulsel pastikan polisi berpakaian preman di Makassar tak bawa senpi di hari pelantikan Jokowi (Hermawan Mappiwali/detikcom)
Makassar - Apel gabungan ribuan personel di Makassar, Sulsel, dalam rangka pengamanan pelantikan presiden-wapres terpilih hari ini juga diikuti oleh puluhan polisi berpakaian preman. Mereka diperiksa satu per satu untuk memastikan tidak ada senjata api yang dibawa dalam tugas hari ini.

Apel gabungan dari unsur TNI-Polri dan Satpol PP tersebut berlangsung di area flyover, Jl Urip Sumoharjo, Minggu (20/10/2019) pagi.

Kabid Propam Polda Sulsel Kombes Hotman C Sirait selepas apel langsung memeriksa satu per satu polisi berpakaian preman agar memastikan mereka tak bersenjata api.


"Gerakan rekan-rekan lebih leluasa karena tidak berseragam. Tetapi saya ingin pastikan, bahwa sesuai dengan perintah tidak ada yang menggunakan senjata api," kata Kombes Hotman, sebelum memeriksa anggotanya.

"Tadi Kapolrestabes (memberikan arahan) saya yakin Anda tidak dengar karena di ujung sana. Yang dibenarkan menggunakan senjata api hanya Tim Tindak, itu Brimob itu, tim anti-anarkis. Itu pun bergeraknya atas perintah, hanya perintah Kapolda. Saya tidak akan ngomong di sini saja, tapi saya akan cek di body kalian. Kita belajar dari pengalaman," sambung Hotman.


Selain itu, Hotman juga memberikan sejumlah arahan lainnya, termasuk mengingatkan kembali prosedur pengamanan jika terjadi unjuk rasa di hari pelantikan Presiden dan Wakil terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin hari ini.

"Kalau ada informasi sekecil apa pun sebelum membesar segera informasikan ke Kapolrestabes selaku pengendali secara umum di Kota Makassar. Supaya ada langkah-langkah kepolisan yang tepat terukur, ya, jangan bergerak sendiri-sendiri," sambung Hotman.


Sementara Kapolrestabes Makassar Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo sebelumnya mengimbau anggotanya untuk bertugas dengan baik dan maksimal. Dia juga meminta masyarakat, bersama kepolisian, bisa menjaga keamanan Makassar di hari pelantikan Jokowi.

"Kepada masyarakat mari kita sama-sama jaga keamanan dan ketertiban kota Makassar ini. Supaya roda perekonomian berjalan baik. Pembangunan juga berjalan baik. Kita songsong sama-sama pimpinan baru ini," katanya.


Simak juga video "TNI-Polri di Sulsel Gelar Apel Pengamanan Pelantikan Presiden" :

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com