Perjalanan Jokowi-Ma'ruf Hingga Hari Pelantikan Presiden-Wapres RI - Halaman 4

Perjalanan Jokowi-Ma'ruf Hingga Hari Pelantikan Presiden-Wapres RI

Indah Mutiara Kami - detikNews
Minggu, 20 Okt 2019 07:37 WIB
Jokowi-Maruf Amin (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jokowi-Ma'ruf Amin (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)


TKN Dibentuk

Nama ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf sempat menjadi tanda tanya. Hingga akhirnya nama Erick Thohir diumumkan pada 7 September 2018. Erick sendiri hadir langsung saat pengumuman. Para sekjen partai pengusung dan pendukung Jokowi-Ma'ruf yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) hadir.

7 Bulan Masa Kampanye

Masa kampanye Pemilu 2019 berjalan panjang selama 7 bulan dari 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Dalam kurun waktu itu, keduanya keliling ke daerah di Indonesia dan beberapa kali mengadakan kampanye terbuka.

Selama masa kampanye, KPU juga mengadakan 5 kali debat dengan berbagai tema. Ada debat Jokowi-Ma'ruf vs Prabowo-Sandiaga, Jokowi vs Prabowo dan Ma'ruf vs Sandiaga.

Kampanye dan debat selama 7 bulan dipenuhi dinamika politik yang panas. Kedua pasangan sama-sama berupaya meluruskan hoax dan fitnah yang menerpa.

Persaingan antara kedua pasangan juga tercermin lewat hasil survei yang penuh dinamika. Hingga akhirnya kampanye berakhir pada 13 April 2019 dan dilanjutkan dengan masa tenang.

Hari Pencoblosan dan Hasil Quick Count

Pencoblosan Pemilu 2019 berlangsung pada 17 April 2019. Tak hanya memilih presiden-wakil presiden, masyarakat Indonesia juga memilih anggota legislatif yang akan mewakili mereka.

Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi mencoblos di kediaman mereka masing-masing. Setelah waktu pencoblosan usai, hasil quick count langsung bermunculan.

Saat itu, mayoritas hasil quick count mengunggulkan Jokowi-Ma'ruf. Namun, Prabowo saat itu tetap mengklaim unggul berdasarkan quick count internal pihaknya.