detikNews
2019/10/20 03:19:19 WIB

Pendaki Kirim Sinyal SOS, Petugas Cari Akses di Gn Ranti yang Terbakar

Ardian Fanani - detikNews
Halaman 1 dari 1
Pendaki Kirim Sinyal SOS, Petugas Cari Akses di Gn Ranti yang Terbakar Sinyal SOS berupa cahaya tampak dikirimkan dari lereng Gunung Ranti (dok. BPBD Banyuwangi)
Banyuwangi - Petugas BPBD Banyuwangi menangkap sinyal SOS yang dikirimkan dari lereng Gunung Ranti yang terbakar. Diduga sinyal tanda bahaya itu dikirimkan oleh pendaki yang terjebak kebakaran di Gunung Ranti.

"Itu diduga sinyal dari cahaya lampu SOS yang dinyalakan oleh pendaki. TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD masih mencari akses ke sana" kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam, kepada detikcom, Minggu (20/10/2019).


Sinyal itu diterima petugas yang ada di sisi barat Gunung Ranti pada Sabtu (19/10) waktu menjelang magrib. Sisi barat Gunung Ranti merupakan wilayah yang mengalami kebakaran hebat.

BPBD Banyuwangi masih melakukan investigasi terkait keberadaan empat pendaki tersebut. Keempat orang itu melakukan pendakian sejak Sabtu (19/10) siang.

Keempatnya diduga terjebak kobaran api yang membakar hampir sebagian puncak destinasi berjuluk Negeri di Atas Awan tersebut.


Pendaki Kirim Sinyal SOS, Petugas Cari Akses di Gn Ranti yang TerbakarKabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam (Ardian Fanani/detikcom)

"Untuk pendaki sendiri, belum ada identitas yang bisa kami konfirmasi hingga kini," kata Eka.

BPDB masih berkoordinasi dengan pihak lain untuk mengevakuasi para pendaki. Dia berharap para pendaki bisa menyelamatkan diri terlebih dahulu.

"Gunung Ranti sendiri memiliki banyak jalur-jalur untuk menghindari api, apabila terjadi kebakaran," katanya.


Namun, menurut pantauan di lapangan, kondisi medan Gunung Ranti sendiri memiliki titik curam di berbagai tempat. Sudut kemiringan Gunung Ranti lebih ekstrem dibanding Kawah Ijen.

Gunung Ranti merupakan salah satu puncak di kawasan Pegunungan Ijen dengan ketinggian mencapai 2.601 Mdpl yang berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Kebakaran masih terjadi hingga dini hari ini. Angin yang kencang jadi faktor kebakaran meluas dengan cepat hingga menyebabkan separuh Gunung Ranti terbakar.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com