detikNews
2019/10/20 01:04:16 WIB

Kebakaran di Gunung Ranti Meluas, Polisi Evakuasi Warga di Kawah Ijen

Ardian Fanani - detikNews
Halaman 1 dari 1
Kebakaran di Gunung Ranti Meluas, Polisi Evakuasi Warga di Kawah Ijen Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik HZ (Ardian Fanani/detikcom)
Banyuwangi - Kebakaran Gunung Ranti Banyuwangi hingga saat ini tak juga padam. Berdasarkan pantauan di lapangan, api semakin membesar hingga merangsek ke sisi bagian timur Gunung Ranti.

"Kita menerima laporan sore hari terjadi kebakaran. Kita cek lokasi dulu persisnya di mana. Apakah masuk wilayah Bondowoso atau Banyuwangi. Ini lumayan (besar) ya kondisinya. Sampai menutup jalan beberapa. Pohon juga ada yang tumbang," kata Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik HZ kepada detikcom, di Kawasan Wisata Gantasan Lereng Gunung Ijen, Sabtu malam (19/10/2019).


Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polres Banyuwangi langsung melakukan penutupan jalur menuju ke arah Wisata Kawah Ijen via jalur Banyuwangi.

"Jelas ini sangat berbahaya bagi pengendara. Jadi kita mengimbau kepada masyarakat atau wisatawan, yang akan melakukan pendakian untuk kembali sementara," ujarnya.


Terkait rencana parade Merah Putih dengan membentangkan Bendera Merah Putih raksasa Minggu, (20/10/2019), kata Taufik, pihaknya saat ini lebih memprioritaskan keselamatan warga.

"Itu (Parade Merah Putih) tidak menjadi prioritas. Sekarang kita prioritaskan dulu keselamatan warga," imbuhnya.


Kapolres bersama sejumlah mobil patroli lantas menuju lokasi untuk melakukan evakuasi warga maupun sebagian peserta Parade Merah Putih yang berada di Kawasan Wisata Kawah Ijen.

Seperti diketahui, sebanyak 2.400 warga dari 4 Kabupaten di Wilayah Tapal Kuda rencananya akan menggelar Parade Merah Putih di puncak Gunung Ijen, Minggu (20/10) besok. Namun, pada Sabtu (19/10) sore terjadi kebakaran di Gunung Ranti yang tepat bersebelahan dengan Gunung Ijen.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com