detikNews
Sabtu 19 Oktober 2019, 17:19 WIB

CFD Ditiadakan Besok, Anies: Mudahkan Mobilitas Petugas

Yulida Medistiara - detikNews
CFD Ditiadakan Besok, Anies: Mudahkan Mobilitas Petugas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta meniadakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin. Alasannya, untuk memberikan akses bagi petugas keamanan yang memerlukan mobilitas di tempat pengamanan.

"Iya ditiadakan, karena pada hari itu banyak sekali kegiatan yang memerlukan mobilitas untuk petugas sepanjang pagi hingga siang," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Sabtu (19/10/2019).


Meskipun pelantikan di gelar pada pukul 14.30 WIB, pihak petugas keamanan akan melintas di daerah sepanjang Jl Sudirman hingga Jl Thamrin sejak pagi. Ia mengatakan CFD hanya ditiadakan pada 20 Oktober. Dia berharap pelantikan Jokowi-Ma'ruf berjalan lancar.

"Jadi, meskipun pelantikan itu dilaksanakan di siang hari, tapi persiapannya membutuhkan mobilitas dan mobilitas itu membutuhkan koridor Jalan Sudirman dan Thamrin. Jadi sebetulnya ini hanya satu hari jadi kita berharap ini bisa dimaklumi semoga semuanya berjalan lancar," sambungnya.


Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin akan dilantik di gedung DPR/MPR pada Minggu (20/10). MPR memastikan agenda pelantikan presiden-wakil presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, pada Minggu (20/10) pukul 14.30 WIB.

"Disepakati akan dilaksanakan pada 20 Oktober jam 14.30 WIB," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) seusai rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/10).






Tonton video Jelang Pelantikan Jokowi, Panser Anoa Siaga di Kawasan Glodok:

[Gambas:Video 20detik]





(yld/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com