Viral Video Sekelompok Orang Tidur di Jalanan Jaksel, Polisi: Bukan Massa Demo

Viral Video Sekelompok Orang Tidur di Jalanan Jaksel, Polisi: Bukan Massa Demo

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 19 Okt 2019 12:03 WIB
Foto: dok.istimewa
Foto: dok.istimewa
Jakarta - Sebuah video yang menunjukkan sekelompok orang tidur di pinggir jalan di Jakarta Selatan, beredar di media sosial. Video itu ada yang mengaitkannya dengan mobilisasi massa.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Bustoni Purnomo memastikan bahwa orang-orang yang ada di dalam video itu bukan kelompok massa yang hendak melakukan demonstrasi. Hasil penyelidikan polisi, ternyata orang-orang tersebut saat itu tengah menunggu sedekah dari penderma.

"Kegiatan tersebut semata-mata untuk sedekah, tanpa ada kepentingan politik ataupun hal lainnya untuk memobilisasi massa," jelas Kombes Bustoni dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (19/10/2019).

Bustoni mengatakan bahwa kejadian di video itu terjadi pada Selasa (15/10) malam lalu di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan. Ada puluhan orang yang saat itu menunggu sedekah dari seseorang bernama Haji YS.

"Yang bersangkutan sudah sejak lama melakukan sedekah keliling kaum dhuafa di beberapa tempat di Jakarta," imbuhnya.



Beberapa hari ini, Haji YS memberikan sedekah di Masjid Syarif Hidayatullah, tepatnya samping PTIK dan Jalan Dr Joko Sutono. Polisi juga telah menghubungi YS sebagai donatur yang memberikan sedekah tersebut.

"Kami sudah menghubungi donatur tersebut untuk tidak memberikan sedekah di jalanan yang bisa memancing berkumpulnya massa/orang terutama dari luar wilayah Jakarta yang berpotensi mengganggu kamtibmas," jelasnya.

Sejak kejadian itu, polisi meningkatkan patroli di sekitar Syarif Hidayatullah dan Jalan Dr Joko Sutono. Hingga Kamis (18/10), polisi memastikan tidak ada lagi masyarakat yang berkumpul di lokasi tersebut.

Dalam video itu, tampak beberapa orang yang sedang tidur di trotoar dan juga di teras ruko. Video tersebut diambil pada malam hari.

Pereman mengambil rekaman video dari dalam mobil. Video itu berdurasi 34 detik.

"Ini banyak orang di pinggir jalan, di Brawijaya. Ini kok banyak banget orang tidur di pinggir jalan, penuh banget pada ngapain ya?," kata pria perekam itu.





30 Ribu Personel TNI-Polri Siap Amankan Pelantikan Jokowi-Ma'ruf:

[Gambas:Video 20detik]

(mei/hri)