detikNews
2019/10/19 11:24:15 WIB

Meski Tak Dapat Kursi Ketua Komisi, Gerindra Puas Genggam 'Jantung DPR'

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Meski Tak Dapat Kursi Ketua Komisi, Gerindra Puas Genggam Jantung DPR Gedung Parlemen (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Jatah pimpinan-pimpinan komisi dan badan di DPR sudah dibagi-bagi. Partai dengan perolehan kursi terbanyak ke-3 di DPR, Partai Gerindra, tak dapat satu pun kursi pimpinan komisi di DPR. Namun Gerindra bersyukur mendapat posisi 'jantung DPR'.

"Jadi ini cukup adil lah, saya rasa cukup fair," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Andre Rosiade, kepada wartawan, Sabtu (19/10/2019).



Dia menjelaskan, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad telah menjadi wakil Gerindra dalam lobi-lobi antarfraksi guna menentukan pembagian kursi ini. Hasilnya, Gerindra mendapat jatah sembilan kursi wakil ketua komisi, plus kursi ketua Badan Legislasi (Baleg) dan kursi ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP).

"Pembagian ini cukup objektif karena berdasarkan proporsi jumlah kursi yang masing-masing dimiliki oleh parpol di DPR," kata dia.



Posisi ketua Baleg dinilai Gerindra sangat strategis, karena fungsi legislasi (membuat undang-undang) adalah fungsi yang utama di DPR di samping fungsi pengawasan dan anggaran.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com