Kompleks Parlemen Mulai Bersolek Jelang Pelantikan Presiden-Wapres

Zunita Putri - detikNews
Sabtu, 19 Okt 2019 10:55 WIB
Persiapan jelang pelantikan presiden-wakil presiden di gedung DPR. (Zunita/detikcom)
Persiapan jelang pelantikan presiden-wakil presiden di gedung DPR. (Zunita/detikcom)
Jakarta - Gedung DPR hari ini mulai dipercantik untuk pelantikan presiden-wakil presiden terpilih 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin. Segala pernak-pernik dekorasi dan bunga sudah terpasang apik.

Pantauan detikcom di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2019), pernak-pernik menyambut pelantikan presiden besok sudah mulai terpasang. Dekorasi terpasang di Gedung Kura-kura DPR/MPR dan di Gedung Nusantara III.


Di depan gedung kura-kura tempat pelantikan presiden, sudah terpasang karpet merah yang masih ditutupi untuk menjaga kebersihan, kemudian semacam gapura berwarna merah dengan tema rumah adat Papua, rumah honai, terpasang di depan pintu masuk Gedung Kura-kura.

"Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024," tulis dekorasi gapura itu.

Kompleks Parlemen Mulai Bersolek Jelang Pelantikan Presiden-WapresPersiapan menjelang pelantikan presiden-wakil presiden di gedung DPR. (Zunita/detikcom)

Kemudian masuk ke lobi layar yang bertulisan 'selamat dan sukses' yang memasang foto Jokowi-Ma'ruf juga sudah terpampang. Lift yang ada di gedung itu juga dipersolek dengan tema rumah adat Padang, Rumah Gadang.



Tak hanya itu, eskalator yang menuju tempat pelantikan juga dipersolek. Ada bunga sintesis yang dibentuk untuk menggambarkan wajah Jokowi-Ma'ruf.

Di Gedung Nusantara III juga sudah tertata bangku untuk para tamu yang hadir dalam pelantikan Presiden besok Minggu (20/10). Kursi dan meja tamu juga sudah tertata rapi.


detikcom juga melihat dekorasi ruang sidang pelantikan Jokowi-Ma'ruf, semua dekorasi juga sudah terpasang rapi dan cantik. Kursi untuk para tamu dan dewan juga sudah tersusun rapi.
Kompleks Parlemen Mulai Bersolek Jelang Pelantikan Presiden-WapresPersiapan menjelang pelantikan presiden-wakil presiden di gedung DPR. (Zunita/detikcom)

Beberapa Paspampres juga mengecek ruang sidang untuk esok hari. Anggota TNI-Polri juga sebagian ada yang masuk ke ruang sidang untuk mengecek segala persiapan.


Dari agenda resmi yang diterima, DPR akan menggelar geladi bersih pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin pukul 14.00 WIB nanti. Pimpinan MPR juga akan menghadiri geladi bersih ini.

Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi ditetapkan KPU menjadi pemenang Pilpres 2019. Keduanya akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 pada Minggu (20/10). (zap/fdu)