detikNews
2019/10/19 05:56:28 WIB

'Hilal' dari Istana Belum Terlihat, Gerindra Sempat Mendua

Pasti Liberti Mappapa, Deden Gunawan, Ibad Durohman - detikNews
Halaman 1 dari 4
Hilal dari Istana Belum Terlihat, Gerindra Sempat Mendua Prabowo Subianto di mimbar Gerindra (Adhi Wicaksono/CNN Indonesia)
Jakarta - Prabowo Subianto tak jadi mengumumkan sikap Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada publik terkait posisi berkoalisi dengan Joko Widodo (Jokowi) atau oposisi yang sebelumnya direncanakan pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 16 Oktober 2019.

Gantinya di depan ribuan kadernya yang memadati kediamannya di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI AD itu menyatakan tiga sikap politik. Tak ada satu pun dari sikap politik itu yang menyinggung soal koalisi atau oposisi.



Dalam Rapimnas yang digelar tertutup itu, Prabowo menyatakan sudah menyerahkan konsepsi terkait dorongan besar ekonomi Indonesia dengan semangat ketahanan pangan-energi, pertahanan dan keamanan yang kuat pada presiden terpilih Jokowi.

"Bila konsepsi itu ingin digunakan Pak Jokowi, kami persilakan baik itu dengan bersamaan dengan Pak Prabowo dan Partai Gerindra atau tanpa Pak Prabowo dan Gerindra. Yang jelas, Pak Prabowo siap bekerja sama untuk kepentingan NKRI," ujar juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, di sela Rapimnas.



Sehari setelah penutupan Rapimnas, mantan cawapres Sandiaga Uno yang kembali jadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra mengungkapkan, ada dua kubu dalam partainya. Kubu pertama mendukung Gerindra merapat ke pemerintah, sedangkan kubu kedua ingin tetap di oposisi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com