Pilot Sudah Lihat Masalah Utama di Sistem Boeing 737 MAX Sejak 2016 - Halaman 4

Pilot Sudah Lihat Masalah Utama di Sistem Boeing 737 MAX Sejak 2016

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 19 Okt 2019 05:10 WIB
Ilustrasi (Foto: BBC World)
Ilustrasi (Foto: BBC World)

Berita dari pesan tersebut diketahui saat FAA yang memimpin beberapa regulator internasional dalam mengawasi sertifikasi ulang MAX. Kemudian proses sertifikasi tersebut memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan.

Pesan-pesan itu menambah tekanan pada Muilenburg menjelang sidang kongres 30 Oktober. Boeing pekan lalu mencopot Muilenburg dari jabatannya sebagai ketua, sebuah langkah yang menurut para analis bisa menjadi alasan bagi pemecatannya sebagai kepala eksekutif.


Dalam beberapa hari terakhir, American Airlines, United Airlines dan Southwest Airlines telah berusaha agar MAX kembali beroperasi, namun ketiga operator menarik semua penerbangan MAX hingga Januari atau Februari 2020.

Michel Merluzeau di AirInsight Research mengatakan temuan investigasi terbaru dapat menyebabkan penundaan layanan lebih lama lagi.

"Pengungkapan hari ini berpotensi akan berdampak kembali ke layanan lagi dan kemungkinan akan menyebabkan ketidakpastian yang berkepanjangan untuk program dan mengarah pada konsekuensi di tingkat perusahaan," kata Merluzeau. "Ini benar-benar berita serius," imbuhnya.

Saham Boeing jatuh 5,9 persen menjadi $ 347,41 di perdagangan sore hari.

Halaman

(lir/dnu)