Pilot Sudah Lihat Masalah Utama di Sistem Boeing 737 MAX Sejak 2016 - Halaman 2

Pilot Sudah Lihat Masalah Utama di Sistem Boeing 737 MAX Sejak 2016

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 19 Okt 2019 05:10 WIB
Ilustrasi (Foto: BBC World)
Ilustrasi (Foto: BBC World)

Hal itu juga saham perusahaan yang menurun tajam. Para pakar penerbangan mengatakan, temuan itu juga dapat menunda lebih lama lagi bagi pesawat untuk kembali beroperasi.

Kecelakaan dan sertifikasi FAA atas MAX sedang diselidiki oleh sejumlah otoritas, termasuk Departemen Kehakiman dan komite kongres yang telah menjadwalkan audiensi dengan Ketua Pelaksana Boeing Dennis Muilenburg akhir bulan ini.


Berdasarkan hasil investigasi kecelakaan sebelumnya, kecelakaan Lion Air dan Ethiopian Airlines, sistem anti-stall (MCAS) mengakibatkan pesawat menukik tajam ke bawah akibat kesalahan pada pembacaan sensor, sehingga pilot tidak bisa mengendalikan pesawat setelah lepas landas.

FAA, berdasarkan diskusinya dengan Forkner dan rekan lainnya di Boeing, meyakini sistem MCAS hanya akan aktif pada kasus tertentu dan tidak menimbulkan ancaman terhadap keselamatan pesawat.

FAA mengkritik Boeing karena mengetahui pesan singkat itu "beberapa bulan yang lalu," tetapi tidak mengungkapkan temuan mereka kepada regulator keselamatan sampai Kamis kamarin.

"Tadi malam, saya meninjau dokumen yang diberikan Boeing kemarin kepada Departemen Perhubungan," kata Administrator FAA Steve Dickson dalam sebuah surat kepada Muilenburg.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4