detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 23:31 WIB

Kepuasan Kinerja Jokowi 58,8%, NasDem Singgung Program Jangka Panjang

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kepuasan Kinerja Jokowi 58,8%, NasDem Singgung Program Jangka Panjang Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago (Azizah/detikcom)
Jakarta - Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode pertama sebesar 58,8 persen dinilai Partai NasDem karena banyak program Jokowi yang bersifat jangka panjang. Program jangka panjang itu, menurut NasDem, tidak langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Program kerja Presiden pada periode pertama ini memang banyak fokus pada program jangka panjang yang manfaatnya tidak instan. Sedangkan rakyat Indonesia cenderung menilai kinerja-kinerja jangka pendek dan instan," kata Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago kepada wartawan, Jumat (18/10/2019).



Hasil survei tersebut, menurut Irma, juga dipengaruhi adanya keterbelahan masyarakat saat Pilpres 2019. Karena itulah, kata Irma, angka kepuasan dalam survei tersebut masih wajar.

"Jika Kompas merilis tingkat kepuasan rakyat 58,8 persen dan survei dilakukan dalam situasi politik yang sangat tidak kondusif after pilpres, saya kira wajar," ujarnya.

Untuk periode kedua pemerintahan Jokowi, Irma menyarankan agar program kerja komprehensif Jokowi-Ma'ruf Amin dijalankan secara konsisten dan terkontrol. Jika program itu terlaksana, Irma yakin tingkat kepuasan masyarakat akan semakin meningkat.



"Jika program tersebut dapat dijalankan secara konsisten, terukur, dan dikontrol secara ketat, kami yakin kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi akan kembali meningkat," ucap Irma.



Seperti diketahui, Litbang Kompas menyurvei tingkat kepuasan kinerja pemerintahan Jokowi-JK secara berkala sejak Januari 2015 hingga Oktober 2019. Pada Januari 2015 atau 3 bulan setelah Jokowi-JK resmi dilantik, tingkat kepuasannya sebesar 65,1 persen.

Tingkat kepuasan kinerja ini naik-turun sesuai dengan dinamika pemerintahan yang terjadi selama lima tahun. Hingga pada Oktober 2019, mayoritas responden atau sebanyak 58,8 persen responden menyatakan secara umum puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-JK.



Survei Litbang Kompas ini dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 19 September-4 Oktober 2019. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak bertahap. Tingkat kepercayaan survei 95% dengan margin of error sebesar 2,83 persen.

Survei juga mengukur tingkat kepuasan responden terhadap kinerja pemerintah di bidang-bidang tertentu. Berikut ini hasilnya di survei Oktober 2019:

Bidang Politik dan Keamanan: 64,3%
Bidang Hukum: 49,1%
Bidang Ekonomi: 49,8%
Bidang Sosial: 59,4%
(azr/idn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com