detikNews
2019/10/18 22:05:25 WIB

Round-Up

Temuan-temuan Komnas HAM dalam Rusuh Wamena

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 3
Temuan-temuan Komnas HAM dalam Rusuh Wamena Jumpa pers Komnas HAM soal kerusuhan di Wamena (Foto: Rolando/detikcom)


Berdasarkan informasi awal yang didapat, Taufan mengatakan memang ada 33 orang yang meninggal dunia. Korban berasal dari berbagai pihak.

"Tapi yang jelas menimbulkan demo siswa yang kemudian dilanjutkan demo oleh ribuan orang dan terjadilah pembakaran, kerusuhan, sampai ada 33 orang (meninggal). Di sini berkembang informasi misalnya ini yang dibantai orang luar, tidak, kami punya data-datanya, meskipun kami tidak mau publikasikan nama-nama dan latar belakang etnis," ucap Taufan.



Komnas HAM menemukan temuan baru mengenai jumlah korban tewas. Menurut Taufan, jumlah korban tewas bertambah 10 orang.

"Bahkan terakhir kami mendapatkan informasi lagi yang cukup kredibel tapi harus kami konfirmasi ulang lagi, kami cross check, kami sampaikan juga kepada kepolisian untuk meng-cross check. Yaitu ada 10 orang lagi di luar 33 itu. Tapi ini tidak serta dibawa ke rumah sakit, mereka langsung dibawa ke kampung halamannya, di kampung halamannya dibumikan cara mereka," papar Taufan.

"Sehingga tidak terdeteksi oleh pihak keamanan yang ada di Wamena, di Wamena itu ada 33, itu berdasarkan data rumah sakit. 33 itu pun 31 di rumah sakit, 2 nggak di rumah sakit. Tapi orang Wamena, sempat terdeteksi, tapi ada 10 lagi," sambung dia.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com