detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 16:52 WIB

Tjahjo Ungkap Profesionalitas JK Selama Jadi Wapres

Andhika Prasetia - detikNews
Tjahjo Ungkap Profesionalitas JK Selama Jadi Wapres Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Zhacky/detikcom)
Jakarta - Masa jabatan Jusuf Kalla (JK) sebagai Wakil Presiden RI akan berakhir. Mendagri Tjahjo Kumolo menilai JK sebagai tokoh bangsa yang profesional dan memperhatikan persoalan di daerah.

"Pak JK sangat profesional. Misalnya beliau kalau ada tamu formal ataupun informal dari kepala daerah atau yang menyangkut pejabat daerah, selalu beliau memanggil saya. Selalu beliau menelepon saya. Nanti saya terima tamu ini, masalah ini tolong diselesaikan," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (18/10/2019).


JK, kata Tjahjo, punya perhatian khusus terhadap regulasi yang berkaitan dengan stabilitas dalam negeri. Apalagi, lanjut dia, Presiden Jokowi juga berpesan untuk selalu menjabarkan visi-misi terkait Nawa Cita soal membangun hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah.

"Lalu mempercepat reformasi birokrasi dalam rangka memperkuat otonomi daerah. Itu inti bagaimana visi-misi Pak Jokowi. Menteri tidak boleh punya visi-misi, hanya boleh menjabarkan apa itu visi-misi Presiden selama lima tahun. Lalu kedua saran Pak Jokowi bahwa kementerian itu tidak boleh egois. Mendagri juga harus mampu berkoordinasi dengan kementerian yang ada," paparnya.


Tjahjo kemudian mengutarakan pengalaman selama lima tahun masuk kabinet pemerintah Jokowi-JK. Dia mengatakan pemerintah Jokowi mampu menyelesaikan pertikaian di pelosok daerah.

"Ya saya bisa mengunjungi mulai dari Natuna sampai perbatasan-perbatasan juga. Semua saya kunjungi. Yang kedua mampu menyelesaikan pertikaian, ada satu kabupaten di Papua Barat yang selama 12 tahun tidak mampu memutuskan ibu kota kabupatennya. Itu pengalaman siapapun yang menjadi pejabat mulai dari Pak Jokowi, Pak Jusuf Kalla, beliau-beliau memberikan contoh mendengar, menggerakkan, dan mengorganisir masyarakat-masyarakat," terangnya.
(idn/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com