detikNews
2019/10/18 16:47:28 WIB

Bandingkan Rapat Era Gus Dur-Mega, Menteri LHK: Jokowi Lebih Terbuka

Andhika Prasetia - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bandingkan Rapat Era Gus Dur-Mega, Menteri LHK: Jokowi Lebih Terbuka Menteri LHK Siti Nurbaya (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar membandingkan suasana rapat di era 3 presiden. Siti menyebut, rapat era Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih terbuka.

Siti mengaku pernah ikut rapat saat Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menjabat sebagai presiden ke-4 dan Megawati Soekarnoputri saat menjadi presiden ke-5. Pola rapat keduanya dinilai berbeda dengan Jokowi.

"Dari sisi kepemimpinan Pak Jokowi dalam rapat kabinet, saya di periode lalu zaman Presiden Gus Dur (sudah ikut sidang kabinet). Zaman Pak Harto belum pernah ikut sidang kabinet. Namun zaman Bu Mega dan Gus Dur, saya sudah ikut sidkab. Itu polanya juga sangat berbeda," ujar Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).



Di era Gus Dur dan Mega, Siti masih berstatus sebagai PNS. Kini, saat ditunjuk menjadi Menteri LHK, Siti menilai pola rapat era Jokowi lebih terfokus.

"Yang ingin saya sampaikan, ini begitu terbuka (saat ini). Dan rapatnya singkat tapi cukup decisive dan fokus. Makanya polanya ratas, dengan subjek tertentu, dibahas dan langsung diputuskan," kata politikus asal NasDem ini.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com