detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 12:17 WIB

HUT Ke-350 Tahun Sulsel, Gubernur Minta Bupati-Walkot Tinggalkan Ego Sektoral

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
HUT Ke-350 Tahun Sulsel, Gubernur Minta Bupati-Walkot Tinggalkan Ego Sektoral Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah mengingatkan para kepala daerah di bawahnya untuk meninggalkan ego sektoral. Sulsel, yang memasuki usia 350 tahun pada 19 Oktober besok, harus menjadi lumbung benih dan daging nasional dengan kolaborasi.

"Mari seluruh pimpinan daerah di Sulawesi Selatan ini kita kolaborasi, kita bersinergi, kita tinggalkan ego sektoral. Karena kita menyadari bahwa posisi pemerintah provinsi itu adalah wakil pemerintah pusat di daerah, tugasnya adalah bagaimana men-support dan memperlancar tugas-tugas pemerintahan di daerah termasuk supporting anggaran," ujar Nurdin di kediamannya, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Jumat (18/10/2019).


Nurdin mengungkapkan, Pemprov Sulsel pada 2019 ini telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 300 miliar kepada kabupaten/kota di Sulsel. Pada 2020 mendatang, anggaran untuk daerah menjadi Rp 500 miliar. Bantuan diberikan agar pemda dan Pemprov dan melakukan program bersama.

"Ini bantuan pemerintah daerah ini tidak serta merta kita berikan, tentu kita melihat hal-hal yang harus kita dorong bersama seperti misalnya akses ke kawasan wisata. Kawasan wisatanya bagus, tapi aksesnya ke sana jalannya jelek, kita hadir," jelasnya.


"Yang kedua kawasan wisatanya bagus, tapi penataannya kurang bagus. Yang ketiga layanan kesehatan, kita dorong supaya tidak lagi harus ke Makassar semua (masyarakat berobat)," lanjutnya.



Nurdin ingin agar momentum 350 tahun Sulsel membuat Sulsel makin siap menjadi lumbung daging nasional dan lumbung benih nasional. Namun dasar untuk mencapai hal tersebut ialah kolaborasi dengan pemerintah daerah.

"Kalau kita kolaborasi ke depan kita tinggal bikin zona pengembangan. Yang pertama adalah Sulsel harus menjadi provinsi mandiri benih. Jadi kita tidak lagi disuplai benih dari luar. Semua benih, mulai dari jagung, padi, bahkan mimpi kita Sulsel harus menjadi sumber benih untuk timur Indonesia," paparnya.

"Jadi kita nanti akan minta Kementerian Pertanian nggak usah lagi urusin benih kita, kita akan siapin dari Sulsel. Yang kedua, kita ingin Sulsel menjadi lumbung daging nasional," lanjutnya.


Sementara itu, Nurdin mengungkapkan HUT ke-350 tahun Sulsel digelar sederhana tahun ini. Malam nanti Pemprov mengadakan zikir bersama di Rujab Gubernur dan puncaknya dilakukan sidang paripurna DPRD Sulsel.

"Kita mau buat besar (HUT Sulsel) pada momen tertentu. Nah kalau setiap tahunnya ya kita mungkin biasa saja (melaksanakannya)," paparnya.
(nvl/rvk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com