detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 11:56 WIB

Umur Ideal untuk Menikah Menurut BKKBN, UU Perkawinan dan Islam

Puti Yasmin - detikNews
Umur Ideal untuk Menikah Menurut BKKBN, UU Perkawinan dan Islam Umur Ideal untuk Menikah Menurut BKKBN, UU Perkawinan dan Islam/Foto: iStock
Jakarta - Setiap orang diciptakan berpasang-pasangan untuk menikah. Lantas, berapa sih umur ideal untuk menikah bagi laki-laki dan perempuan? Yuk simak.

Umur ideal untuk menikah bagi perempuan maupun laki-laki tentu berbeda. Hal itu sesuai dengan kondisi tubuh serta psikologi untuk menghadapi kehidupan pernikahan kelak.



Berikut umur ideal untuk menikah yang dirangkum detikcom:

1. Menurut BKKBN

Berdasarkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) umur ideal untuk menikah bagi perempuan, yakni 21 tahun atau lebih. Pasalnya, bila di bawah usia tersebut dikhawatirkan berisiko pada kesehatannya.

Sementara, umur ideal laki-laki untuk menikah yakni di angka 25 tahun. Usia tersebut dinilai tepat karena sudah matang dan dapat berpikir secara dewasa.

2. Undang-undang

Sementara itu, menurut Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan umur ideal untuk menikah bagi perempuan di angka 19 tahun minimalnya. Bagi pria juga, angka minimal di umur 19 tahun.



3. Dalam Islam

Sementara itu, umur ideal untuk menikah dalam Islam tak ditentukan. Hanya saja, baik pria dan perempuan harus sudah mencapai usia akil baligh atau dewasa.

Nah, semoga artikel umur ideal untuk menikah bisa bermanfaat ya!
(pay/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com