detikNews
2019/10/18 11:08:14 WIB

Panser Anoa Mulai Siaga di Kompleks MPR/DPR Jelang Pelantikan Jokowi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Panser Anoa Mulai Siaga di Kompleks MPR/DPR Jelang Pelantikan Jokowi Foto: Panser Anoa siaga di kompleks parlemen jelang pelantikan Jokowi. (Nur Azizah/detikcom).
Jakarta - Sejumlah persiapan terus dilakukan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada 20 Oktober mendatang. Hari ini, sejumlah kendaraan taktis milik TNI ikut disiagakan di belakang Kompleks DPR/MPR, tempat pelantikan berlangsung.

Pantauan detikcom di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2019), ada 5 panser Anoa disiagakan di belakang Gedung Nusantara yang menjadi lokasi pelantikan. Kendaraan-kendaraan itu tampak berjajar dengan kendaraan taktis milik TNI lainnya, bersama ambulance dari RSPAD Gatot Subroto dan mobil Polisi Militer.

Panser Anoa berjajar di dekat kendaraan-kendaraan taktis Polri yang sejak kemarin, Kamis (17/10), juga sudah mulai terlihat di kompleks parlemen. Helikopter TNI pun sempat mendarat di lapangan belakang Gedung Nusantara hari ini.


Di lobi Gedung Nusantara sendiri juga tampak dilakukan sejumlah persiapan seperti pemasangan dekorasi. Bendera merah putih besar tampak terpasang dan mendominasi dekorasi ruangan.

Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono mengatakan persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden sudah mencapai 95 persen. Persiapan itu berkaitan dengan sarana dan prasaran, sumber daya manusia, serta tata acara untuk pelantikan.

"Ya 95 persen kira-kira ya. Untuk kesiapan dari kita ya dari dukungan sekretariat, karena semuanya kan sudah lama dipersiapkan," kata Ma'ruf.

Panser Anoa Mulai Siaga di Kompleks MPR/DPR Jelang Pelantikan JokowiFoto: Persiapan pelantikan presiden di DPR. (Nur Azizah/detikcom).

Ma'ruf menegaskan pihaknya telah siap mendukung pelaksanaan pelantikan presiden dan wakil presiden. Siang nanti, MPR juga akan menggelar geladi kotor sebagai rangkaian persiapan pelantikan.

"Intinya seluruh unsur pendukung dari Sekretariat Jenderal MPR RI telah siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan sidang paripurna besok. Bahkan nanti siang rencana ada geladi kotor ya. Jadi artinya kan seluruh kesiapan sumber dayanya, manusia, sarana prasarana dan lain-lain, termasuk juga tata acara untuk pelantikan presiden dan wakil presiden telah siap," jelasnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com