detikNews
2019/10/18 05:40:18 WIB

Tunggu Iktikad Baik Jokowi soal Perppu KPK, BEM SI Tak Demo Hari Ini

Isal Mawardi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tunggu Iktikad Baik Jokowi soal Perppu KPK, BEM SI Tak Demo Hari Ini Aksi Massa BEM SI Tagih Perppu KPK/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menyatakan belum ada rencana demonstrasi hari ini terkait tuntutan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perppu untuk menganulir UU KPK baru. Hari ini, BEM SI bakal menggelar konsolidasi internal.

"Kita akan ada konsolidasi jadi kalau untuk besok (hari ini) belum (ada rencana demo), tapi kita masih ingin membicarakan kembali seperti apa gerakan ke depannya, karena ya Pak Jokowi pun sekarang belum ada iktikad baik terkait itu," ujar Koordinator BEM SI Wilayah Se-Jabodetabek Banten, Muhammad Abdul Basit, Kamis (17/10/2019) malam.

Dia mengatakan kalau pada akhirnya Jokowi tak mau menerbitkan Perppu KPK maka dirinya menilai Jokowi gagal melaksanakan Nawacita. Menurutnya Jokowi masih dilema menerbitkan Perppu KPK gara-gara kepentingan parpol yang mendukung Jokowi.

"Kalaupun Pak Jokowi tidak mau mengeluarkan Perppu berarti ya kita bisa menyimpulkan berarti Pak Jokowi sudah gagal terkait dengan Nawacita yang sudah dikomitmenkan 5 tahun ke belakang," ujar Abdul.



"Hari ini Pak Jokowi masih dilema karena apa karena ada kepentingan oligarki politik yang di belakangnya yang menekan dia untuk tidak mengeluarkan Perppu," sambungnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com