detikNews
2019/10/17 23:36:49 WIB

RI Terpilih Lagi Jadi Anggota Dewan HAM PBB, Menlu Retno: Ini Amanah

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Halaman 2 dari 2
RI Terpilih Lagi Jadi Anggota Dewan HAM PBB, Menlu Retno: Ini Amanah Menlu Retno Marsudi pidato usai Indonesia ditetapkan menjadi Dewan HAM PBB (Lisye SR/detikcom)


Selain itu, Retno memastikan Indonesia akan terus melakukan kerja sama internasional dalam perlindungan HAM. Dia menambahkan, penguatan HAM juga akan terus ditingkatkan di dalam negeri.

"Indonesia akan terus meningkatkan kapasitas negara-negara dalam penghormatan, pemajuan, dan perlindungan HAM melalui kerja sama internasional," lanjutnya.


"Indonesia akan memperkuat kemitraan yang sinergis dengan berbagai pemangku kepentingan. Tidak kalah pentingnya memperkuat kinerja pembangunan HAM di dalam negeri melalui rencana aksi nasional di bidang HAM untuk periode 2020-2024," lanjutnya.

Melalui kesempatan ini, Retno mengatakan Indonesia memiliki peluang dalam memperjuangkan kepentingan nasional secara maksimal. Serta Indonesia akan memajukan kerja sama dengan negara lain dalam penghormatan HAM.

"Sebagai anggota tentunya Indonesia memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memperjuangkan kepentingan nasional secara maksimal. Tapi di pihak lain Indonesia akan terus memperjuangkan kerja sama di antara negara-negara untuk kemajuan dan penghormatan HAM," ungkapnya.


Pemungutan suara berlangsung di New York, Amerika Serikat. Indonesia memperoleh suara sebesar 174 suara. Tiga negara lainnya, Jepang, Korea Selatan, dan Kepulauan Marshall turut mewakili Asia-Pasifik.

Ini kali kelima Indonesia menjabat sebagai Dewan HAM PBB. Sebelumnya, Indonesia pernah mewakili Asia Pasifik sebagai anggota Dewan HAM PBB pada periode 2015-2017, 2012-2014, 2008-2010, 2006-2007.
(lir/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com