detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 20:07 WIB

Dirut Bank BJB Bicara soal Korupsi dan Pungli

Yakob Arfin - detikNews
Dirut Bank BJB Bicara soal Korupsi dan Pungli Foto: Dok. BJB
Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) mewujudkan komitmen untuk memberantas praktik korupsi dan pungutan liar. Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi menyampaikan seluruh jajaran direksi sepakat untuk mewujudkan komitmen anti korupsi dalam kegiatan operasional di lingkungan Bank BJB, dengan menggulirkan budaya kerja yang bersih.

"Ini komitmen semua direksi untuk membudayakan kerja yang bersih di Bank BJB. Sehingga tidak ada praktik korupsi dan pungli dalam operasional Bank BJB," kata Yuddy dalam keterangan tertulis, Kamis (17/10/2019).

Menurutnya, praktik korupsi dan pungli dapat merusak citra Bank BJB. Pihaknya terus berupaya untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya tindakan korupsi dan pungli. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menerapkan transparansi di dalam operasional bank.


"Kalaupun terjadi, itu adalah oknum. Kami menerapkan transparansi di dalam semua operasional Bank BJB," ujar Yuddy.

Yuddy menegaskan praktik pungli yang dapat merugikan perusahaan serta merusak citra Bank BJB harus ditindak tegas.

"Praktik pungli ini akan mencoreng nama baik dan menyebabkan kerugian secara finansial karena adanya penyimpangan pendapatan bank. Karena itu, tidak ada toleransi terhadap pungli dan harus ditindak secara tegas," terangnya.

Terkait pencegahan korupsi dan pungli, Bank BJB telah memiliki unit gratifikasi. Keberadaan unit ini diharapkan mampu mencegah terjadinya praktik korupsi dan pungli.

"Kami harapkan, semua pegawai yang menerima sesuatu untuk segera melaporkan ke unit pengendalian gratifikasi ini," kata Yuddy.

Unit Pengendalian Gratifikasi Bank BJB menjadi tempat dan wadah bagi para pegawai serta pengurus untuk melaporkan segala bentuk gratifikasi. Upaya ini dilakukan agar menjaga integritas dan budaya kerja.


Yuddy mengungkapkan sebagai pimpinan tertinggi di lembaga keuangan tersebut, ia memberi perhatian serius dalam pencegahan dan pemberantasan tindakan korupsi dan pungli. Hal itu dimulai dengan menjadikan dirinya sebagai role model bagi seluruh elemen kepegawaian di Bank BJB.

"Saya harus menjadi role model dan menjadi contoh untuk tidak melakukan praktik pungli ini," tambahnya.

Yuddy pun mengajak semua elemen dan stakeholder di Bank BJB mulai dari komisaris, direksi, pimpinan divisi, pimpinan wilayah, hingga pegawai untuk berkomitmen tidak melakukan pungli dengan menjalankan budaya kerja yang bersih.

"Semua elemen dan stakeholder harus berkomitmen dalam menerapkan budaya kerja bersih dan anti praktik pungli ini," tutup Yuddy.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com