ADVERTISEMENT

Belasan Remaja di Bogor Alami Gangguan Jiwa Akibat Kecanduan Gadget

Farhan - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 16:42 WIB
Dokter spesialis kejiwaan anak dan remaja RSMM, dr Ira Safitri T (Foto: Farhan/detikcom)


"Ada anak usia 11 tahun, masih SD. Dia kecanduan gadget dan sudah tidak terkontrol lagi. Orang tuanya tidak bisa menangani sehingga dibawa kesini. Kemudian ada anak yang usianya sudah 16 tahun. Sudah tidak mau ngapa-ngapain, tidak mau mandi bahkan sampai sebulan, orang tuanya audah tidak bisa mengendalikannya sehingga dibawa ke sini, dan kami rawat," papar Ira.



Ira berharap orang tua bisa lebih berperan untuk mengantisipasi agar anak-anak tidak kecanduan gadget. Orang tua juga diminta konsisten jika sudah memberikan aturan terhadap anak kapan bisa bermain gadget.

"Orang tua. Karena semuanya kan diawali oleh orang tua. Yang memberikan gadget kan orang tua, yang membelikan kuota juga orang tua, jadi orang tua di sini harus sebijaksana mungkin, memberikan gadget kepada anak. Ketika aturan itu dikasih kepada si anak, ini harus konsisten. Ini kadang orangtuanya yang tidak konsisten, apalagi anaknya merengek, akhirnya dibiarin aja (bermain gadget). Ini kan tidak konsisten, nanti yang ada kebablasan," tutupnya.


(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT