Apa Arti Tanda Seru di Kata 'Sabar' Dalam Postingan Jokowi soal Menteri?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 16:34 WIB
Posting-an Jokowi, 'Sabar! Sebentar Lagi...' (Instagram/@jokowi)

Sementara itu, pemerhati bahasa Indonesia, Ivan Lanin pun turut menyoroti tanda seru dalam kalimat Jokowi tersebut. Menurutnya, tanda seru setelah kata sabar tidak bertentangan, karena tanda seru bukanya hanya untuk menyampaikan emosi.

"Tidak (bertentangan dengan kata sabar). Coba baca definisi penggunaan tanda seru itu. Tanda seru dipakai untuk menggambarkan kesungguhan, ketidakpercayaan, atau emosi yang kuat. Tanda seru pada kata sabar bisa dipakai untuk menggambarkan kesungguhan," kata Ivan Lanin, saat dihubungi, Kamis (17/10/2019).


Selain itu, dia menjelaskan bahwa emosi pun bukan hanya untuk rasa marah. Bisa juga untuk mengungkapkan rasa kagum atau terkejut.

"Kalaupun sebagai emosi, yang disebut emosi bukan hanya rasa marah. Misalnya, mengungkapkan kekaguman lewat 'kamu cantik sekali!' atau menyampaikan rasa terkejut 'Waduh!'. Saya pikir banyak orang yang keliru mengartikan tanda seru. Mereka pikir itu hanya untuk perintah atau kemarahan," tuturnya.

Sebelumnya, di media sosialnya seperti Instagram, Jokowi mengunggah foto gagang telepon disertai kalimat 'sabar! sebentar lagi...' saat membahas soal nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Ada tanda seru dan elipsis di dalam kalimat itu.

[Gambas:Instagram]



Selain itu, di dalam caption, Jokowi menegaskan susunan kabinet itu pun sudah rampung. Jokowi meminta publik bersabar.

"Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini," kata Jokowi di Instagram, Kamis (17/10/2019).


Simak Video "Jokowi Pastikan Sejumlah Wajah Lama Bertahan di Kabinet Baru"

[Gambas:Video 20detik]

Halaman

(rdp/fjp)