Simpan Sabu di Kelamin, 2 Wanita asal Thailand Ditangkap di Soetta - Halaman 2

Simpan Sabu di Kelamin, 2 Wanita asal Thailand Ditangkap di Soetta

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 16:11 WIB


Krisno menuturkan Chiangka dan Changjit hanya berperan sebagai kurir. Mereka dijanjikan upah sebanyak 30.000 bath jika berhasil mengirimkan sabu sampai ke penerima.

"Upah belum diterima semuanya karena mereka sudah ketangkap duluan. Upahnya 30 ribu bath atau sekitar 14 juta rupiah sekali berhasil mengirim," ungkap Krisno.

Di waktu yang sama, Krisno juga merilis penangkapan warga negara Pantai Gading, Assi Cedric (32), yang mencoba menyelundupkan sabu dengan cara ditelan atau modus swallow. Jumlah sabu yang terdeteksi ada dalam perutnya adalah seberat 1.095 gram.

"West African Syndicate, walaupun dia orang Pantai Gading, tapi pengendalinya orang Nigeria dan Kamerun. Sabu dimasukkan dengan cara swallowing," ucap Krisno.


Assi ditangkap pada Kamis, 3 Oktober lalu. Menurut Krisno, sindikat West African ini mengalihkan produk jualannya dari putau ke sabu. "Dia dijanjikan upah 2.000 USD setiap berhasil mengirim barang sampai ke penerima," tutur Krisno.

Dalam kasus ini, polisi menerbitkan dua nama sebagai DPO yakni satu warga Nigeria dan satu warga Kamerun yang diduga berperan sebagai pengendali.

Ataz perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 114 dan Pasal 112 UU 35/2009 tentang Narkotika. "Ancaman hukumannya, paling maksimal hukuman mati," tandas Krisno.
Halaman

(aud/gbr)