detikNews
2019/10/17 16:10:16 WIB

Lawan Tak Hadir, Sidang Gugatan Caleg yang Terdepak Mulan Ditunda

Yulida Medistiara - detikNews
Halaman 1 dari 2
Lawan Tak Hadir, Sidang Gugatan Caleg yang Terdepak Mulan Ditunda Foto: Mulan Jameela. (Lamhot Aritonang/detikcom).
Jakarta - Mantan Caleg Partai Gerindra, Fahrul Rozi mengajukan gugatan terhadap Mulan Jameela Cs dan Partai Gerindra atas pemecatannya. Akan tetapi sidang ditunda karena pihak tergugat tidak ada yang hadir, salah satunya Mulan Jameela yang menolak meneken surat panggilan sidang.

"Para tergugat telah dipanggil. Terlawan III (Mulan Jameela) tidak mau tandatangan. Karena para tergugat belum hadir, dan relass (surat panggilan) nya belum kembali. Sidang belum bisa dilanjutkan. Kita tunda 3 minggu," kata Ketua Majelis Hakim, Joni, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

Sidang selanjutnya akan kembali digelar pada 7 November. Fahrul Rozi merupakan eks caleg Gerindra daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat XI, yang merupakan dapil yang sama dengan Mulan.


Fahrul mengajukan gugatan perlawanan ini karena keberatan dengan putusan perdata khusus PN Jaksel Nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Putusan itu menjadi dasar bagi Partai Gerindra untuk mengeluarkan SK pemecatan terhadap sejumlah caleg, dan menetapkan sejumlah caleg menjadi anggota DPR terpilih, salah satunya Mulan Jameela.

Akibatnya Fahrul yang merupakan caleg DPR RI Dapil I Jawa Tengah tergeser oleh Mulan yang satu dapil dengannya. Padahal, suara Fahrul lebih tinggi yaitu 26.324 suara atau peringkat keempat, sedangkan Mulan 24.192 suara atau peringkat kelima.

Tergugat Tak Hadir, Sidang Gugatan Caleg yang Tergeser Mulan DitundaFoto: Fahrul Rozi (kanan). (Yulida Medistiara/detikcom).

Dalam gugatannya, Fahrul mengajukan gugatan perlawanan terhadap 12 pihak. Mereka di antaranya Nuraina selaku terlawan I, Pontjo Prayogo SP selaku terlawan II, R. Wulansari alias Mulan Jameela selaku terlawan III, Adnani Taufiq terlawan IV, Adam Muhamad selaku terlawan V, Siti Jamaliah selaku terlawan VI, Sugiono selaku terlawan VII, Khaterine A Oe selaku terlawan VIII, dr. Irene selaku terlawan IX, Dewan Pembina Partai Gerindra selaku terlawan X, dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra selaku terlawan XI, serta KPU RI selaku pihak turut terlawan.

Pada berkas permohonannya, Fahrul mengaku tidak tahu ada sengketa keperdataan antara Mulan Jameela Cs dengan Partai Gerindra, dia juga tak pernah diikut sertakan dalam sidang tersebut. Fahrul menduga ada rekayasa hukum yang dilakukan Mulan Jameela dkk dengan pihak Partai Gerindra terkait proses di Majelis Kehormatan Partai Gerindra sehingga istri Ahmad Dhani itu berhasil menggeser dirinya agar ditetapkan sebagai anggota DPR.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com