detikNews
2019/10/17 15:50:57 WIB

Saat Prabowo Satukan 2 Kubu Gerindra Lewat Kisah Lincoln-Mao Zedong

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Halaman 1 dari 3
Saat Prabowo Satukan 2 Kubu Gerindra Lewat Kisah Lincoln-Mao Zedong Sandiaga Uno (Dok. Gerindra)
Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menyebut sempat ada dua kubu di dalam partainya, yakni yang mendukung merapat ke pemerintah dan yang tetap beroposisi. Sandi menyebut Prabowo Subianto sebagai ketua umum mempersatukan dua kutub tersebut lewat tiga kisah tokoh dunia.

"Saya bagian dari kubu yang menginginkan kita harus tetap sebagai checks and balances dan ini akan dihargai pendukung kita dan ada sebagian teman-teman Gerindra yang bilang kita bisa melakukan seandainya kita ada dalam position of power atau bagian dari yang bisa mengeksekusi tersebut kebijakan," kata Sandiaga di kediamannya, Jalan Pulombangkeng, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).


Cerita pertama soal eks Presiden Amerika Serikat (AS) Abraham Lincoln dengan yang bertahun-tahun bersaing dengan politikus senior William H Seward. Saat Lincoln terpilih menjadi presiden, dia justru menunjuk Seward menjadi secretary of state, posisi ketiga tertinggi di pemerintahan Amerika.

"Seward akhirnya nanya, 'Lo, kamu tahu kan, saya benci banget sama kamu, kenapa kamu menawarkan posisi luar negeri ini kepada saya?'. Jawaban Abraham Lincoln ini yang membuka mata para penasihat dan pendukungnya maupun pendukung Seward juga," kata Sandiaga.

"'Iya saya tahu kamu benci sama saya, bilang saya monyet dan saya juga benci banget sama kamu. Tapi ada satu hal yang tidak bisa dibantahkan dua dari kita memiliki kecintaan luar biasa kepada United States of America dan karena kecintaan kepada USA dan saya butuh masukan bukan asal Bapak senang, dari bukan orang yang memberikan masukan yang ingin saya dengar, saya butuh Anda sebagai orang terdekat dengan saya'. Itu cerita pertama," tuturnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com