detikNews
2019/10/17 15:31:41 WIB

Teka-teki 2 Warna 'Gagang Telepon Tergantung' di Postingan Jokowi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Teka-teki 2 Warna Gagang Telepon Tergantung di Postingan Jokowi Foto: (Instagram Jokowi)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kode soal pengumuman para menteri lewat unggahan foto gagang telepon tergantung bertajuk 'sabar sebentar lagi'. Ada dua warna di gagang telepon itu, yakni warna putih dan hitam. Teka-teki pun muncul. Apa arti dua warna ini?

Peneliti Komunikasi Semiotika dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Kunto Adiwibowo menduga warna putih itu identik dengan simbol moncong putih banteng PDIP, partai yang menaungi Jokowi. Analisanya ini muncul karena menurutnya saat ini hanya PDIP yang secara terang-terangan meminta jatah menteri paling banyak.

"Menurut saya itu mungkin justru yang paling ngepush Jokowi itu PDIP. Itu warna putih, itu moncong putihnya (banteng simbol PDIP) kan. Perlambang putih itu artinya Pak Jokowi tidak mau terkontaminasi dengan apa yang dibicarakan oleh orang-orang di sekitarnya. Yang paling maksa ya PDIP. Yang terbuka minta jatah paling banyak kan PDIP," kata Kunto Adiwobo saat dihubungi, Kamis (17/10/2019).


Selain itu, Kunto juga mengatakan gagang telepon yang tergantung adalah gagang telepon yang dipegang oleh Jokowi. Dia menjelaskan, alasannya digantung itu karena Jokowi tidak mau dihubungi soal jatah-jatah menteri.

"Kalau menurut saya, itu gagang teleponnya di Pak Jokowi. Artinya, beliau nggak mau dihubungi soal menteri-menteri. Beliau, seolah-olah bilang 'udahlah sabar aja, saya sudah punya nama-namanya'. Teleponnya bukan dari lawan bicaranya. Ini artinya seperti memberitahu, sekarang banyak loh yang menghubungi Jokowi soal nama-nama menteri itu. Di tengah-tengah lobi. Pak Jokowi ingin menghindari crowded," tuturnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com