detikNews
Kamis 17 Oktober 2019, 15:11 WIB

Begini Rumah Wali Kota Medan yang Ditahan KPK

Budi Warsito - detikNews
Begini Rumah Wali Kota Medan yang Ditahan KPK Wali Kota Medan Dzulmi Eldin ketika ditahan KPK (Foto: Ibnu Harianto/detikcom)
Medan - Dzulmi Eldin sudah resmi ditetapkan KPK sebagai tersangka. Kediaman Wali Kota Medan itu--baik rumah dinas maupun rumah pribadi--saat ini tampak lengang.

Rumah pribadi Eldin diketahui berada di Blok VII, Kompleks Citra Wisata, Medan Johor, Kota Medan. Saat detikcom menyambangi rumah dua lantai itu, pagar tingginya tampak rapat tertutup.

Di bagian dalam tampak beberapa sepeda motor terparkir. Lampu di bagian teras tampak menyala meski hari belum beranjak petang. Suasana di rumah itu sepi.

"Rumahnya kosong, sudah jarang ditempati," ucap salah seorang di sekitar kompleks perumahan tersebut yang mengaku bernama Pian, Kamis (17/10/2019).

Begini Rumah Wali Kota Medan yang Ditahan KPKKediaman pribadi Dzulmi Eldin (Foto: Budi Warsito/detikcom)


Namun menurutnya setiap hari Minggu Eldin selalu datang. Eldin disebut datang untuk mengikuti pengajian.

Setelahnya detikcom beranjak menuju Jalan Sudirman, Kota Medan di mana rumah dinas Eldin berada. Tampak sejumlah petugas Satpol PP berjaga dan seorang petugas kebersihan yang sedang menyapu.



Begini Rumah Wali Kota Medan yang Ditahan KPKRumah dinas Dzulmi Eldin (Foto: Budi Warsito/detikcom)

Pada Rabu, 16 Oktober kemarin, KPK resmi menetapkan Eldin dan 2 orang lain sebagai tersangka. Eldin dan Syamsul Fitri Siregar selaku Kepala Bagian Protokoler Kota Medan diduga menerima suap dari Isa Ansyari sebagai Kepala Dinas PUPR Kota Medan.

Eldin diduga menerima suap Rp 330 juta untuk menutupi pengeluaran yang tak bisa dipertanggungjawabkan ketika dirinya melakukan perjalanan dinas ke Jepang. Saat itu, Eldin disebut membawa istri, dua anaknya, dan pihak lain yang tak berkepentingan.




Terjaring OTT KPK, Wali Kota Medan Jadi Tersangka Suap!:

[Gambas:Video 20detik]



(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com